Pantun dan Saling Puji yang Bikin Ridwan Kamil Dipanggil Prabowo

Rifat Alhamidi - detikJabar
Selasa, 04 Okt 2022 11:45 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Indramayu
Gubernur Jabar Ridwna Kamil (tengah). (Foto: Sudedi Rasmadi/detikJabar)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Minggu (2/10/2022). Belakang terungkap, pertemuan itu terjadi karena keduanya sempat saling melemparkan pujian pada dua acara sebelumnya di Bandung.

"Iya, itu kan gara-gara itu. Pantun dan Soreang," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (4/10/2022) saat ditanya wartawan soal pertemuannya dengan Prabowo.

Untuk diketahui, Ridwan Kamil dan Prabowo saling berbalas pantun saat acara pelantikan Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat di Gedung Sate pada Senin (12/9/2022). Kemudian di acara Muktamar PP Persis di Soreang, Bandung, Sabtu (24/9/2022), giliran Prabowo yang memuji Ridwan Kamil soal kepemimpinannya di Jawa Barat.


Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun tak menampik turut membahas tentang politik 2024 saat menghadap ke kediaman Prabowo di Hambalang. Pembicaraan itu kata Kang Emil, lalu berujung kepada pembahasan supaya ia memaksimalkan tingkat elektoralnya untuk Pemilu 2024.

"Masalah 2024 juga dibahas, yang intinya adalah masing-masing dari kita maksimalkan aja menaikkan elektoral. Nanti berjodoh atau tidaknya, tidak bisa didahulukan sekarang," ungkapnya.

Meski demikian, Kang Emil menyatakan saat ini ia sedang membangun komunikasi politik dengan parpol lain. Selain soal Pemilu 2024, ia juga turut mendapat wejangan mengenai kepemimpinannya di Jawa Barat yang akan berakhir kurang dari satu tahun lagi.

"Komunikasi politik mah dibangun dengan seluruh yah. Saya ketemu Watimpres dari Golkar, ramenya ke Golkar. Kemaren dengan Pak Prabowo, walaupun tidak terbuka ke media, tapi membicarakan banyak hal tentang kolaborasi di Jawa Barat karena ada Pak Taufik (Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat) juga ikut," pungkasnya.

(ral/orb)