Nyala Lilin dari Cianjur untuk Menerangi Duka di Kanjuruhan

Nyala Lilin dari Cianjur untuk Menerangi Duka di Kanjuruhan

Ikbal Selamet - detikJabar
Senin, 03 Okt 2022 23:45 WIB
Aksi menyalakan lilin di Cianjur.
Aksi menyalakan lilin di Cianjur (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar).
Cianjur -

Bobotoh di Cianjur menggelar aksi menyalakan lilin di bundaran Tugu Lampu Gentur, sebagai bentuk solidaritas atas tragedi yang terjadi di Kanjuruhan. Dalam aksi tersebut mereka juga menyerukan perdamaian demi kemajuan sepakbola tanah air.

Aksi yang digelar mulai pukul 19.00 WIB hingga 20.00 WIB itu diikuti seratusan bobotoh dari berbagai wilayah di Cianjur. Massa berdiri mengelilingi Tugu Lampu Gentur seraya menyalakan lilin.

Massa juga memanjatkan doa bagi para korban insiden di Stadion Kanjuruhan, Malang. Bobotoh juga menyanyikan beberapa lagu wajib nasional.


Di akhir aksi, koordinator massa berangkulan dengan supporter dari Persija, Arema, dan Persebaya seraya menyerukan perdamaian demi sepakbola Indonesia.

Koordinator Aksi, Yanyan Febrianto mengatakan aksi menyalakan lilin merupakan aksi solidaritas sekaligus ungkapan bela sungkawa bagi korban tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari seratus orang.

"Kami turut berduka cita atas terjadinya insiden yang banyak memakan korban. Semoga amal ibadahnya diterima dan ini jadi yang terakhir tidak ada lagi kejadian serupa ke depannya," kata dia, Senin (3/10/2022).

Dia juga mengajak agar para supporter dari berbagai club menghentikan perseteruan demi persepakbolaan Indonesia.

Menurut Yayan, jika konflik tidak berhenti maka insiden serupa kemungkinan akan terulang dan akan mengakibatkan korban yang lebih banyak

"Saya mengajak semua untuk bersatu, mau itu Bobotoh, Jakmania, Bonek, hingga supporter Arema ayo kita bersatu, hentikan semua perseteruan demi sepakbola Indonesia. Kemenangan atau kekalahan bukan yang utama, tapi persatuan yang harus lebih diutamakan," ujarnya.

(mso/mso)