Umur 101 Tahun Abah Jajang Sering Bikin Kaget Warga Cianjur

Umur 101 Tahun Abah Jajang Sering Bikin Kaget Warga Cianjur

Ikbal Selamet - detikJabar
Senin, 03 Okt 2022 13:00 WIB
Abah Jajang, Warga Desa Jati Kecamatan Bojongpicung yang berusia 101 tahun namun tetap bugar
Abah Jajang, Warga Desa Jati Kecamatan Bojongpicung yang berusia 101 tahun namun tetap bugar (Foto: Ikbal Selamet/ detikJabarAbah)
Cianjur -

Abah Jajang, warga Kampung Pasir Mulud, Desa Jati, Kecamatan Bojongpicung, Cianjur kini berusia lebih dari seabad atau tepatnya sudah 101 tahun. Meski begitu, Abah Jajang masih bugar bahkan masih sanggup berjalan jauh hingga memancing di Waduk Cirata setiap pekannya.

Keriput di wajahnya menggambarkan panjangnya usia lelaki yang ditinggal mati sang istri beberapa tahun lalu ini.

Namun untuk lansia yang usianya sudah seabad, Abah Jajang masih sangat bugar. Berbeda dengan lansia seusianya atau bahkan lebih muda darinya yang terkadang sudah terbaring di kasur dengan berbagai penyakit.


Bahkan, Jajang mengaku selama ini dirinya tidak pernah mengalami sakit yang parah hingga harus dirawat di rumah sakit.

"Kalau sakit meriang atau pusing karena darah mah sempat, tapi kalau sakit parah mah tidak pernah. Abah tidak pernah menginap di rumah sakit atau dirawat," ungkap Abah Jajang, Minggu (2/10/2022).

Abah Jajang juga ternyata masih sanggup untuk berolahraga pagi, setiap harinya dia menyempatkan untuk berjalan keliling kampung dan sesekali jalan dengan jarak beberapa kilometer.

"Biasanya pagi keliling kampung, kalau sedang ingin ya jalan ke jalan raya. Olahraga sekaligus menghilangkan kejenuhan, daripada di rumah terus," ujar dia.

Tak hanya itu, setiap pekannya Abah Jajang juga kerap memancing di kawasan Calincing, Waduk Cirata. Bersama pemancing lain di kampungnya, dia berangkat sejak pagi dan pulang ketika petang.

Sesekali dia bertemu dengan pemancing dari daerah lain, bercerita tentang pengalaman hidup seraya menunggu kail yang sudah diberi umpan dimakan ikan.

Banyak yang menduga jika Abah Jajang masih berusia 60 tahun atau 70 tahun. Mereka kaget setelah mengetahui jika dirinya sudah berusia 101 tahun.

"Kebanyakan tidak percaya abah sudah 100 tahun lebih. Mengiranya masih 60-70 tahun, karena masih sanggup memancing seharian. Percayanya setelah menanyakan ke teman abah yang satu kampung. Baru setelah itu mereka biasanya tanya apa rahasianya bisa berumur panjang," ucapnya.

Dia mengungkapkan jika usia panjang tersebut merupakan karunia dari tuhan kepadanya, selain dari pola hidup sehat yang selalu dijalankannya.

Baginya usia panjang merupakan sebuah tanggungjawab besar, dimana waktu tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk beribadah.

"Kalau untuk bisa usia panjang, tentunya selalu jaga kesehatan dan pola makan. Disamping itu memang ini karunia dari Allah SWT. Tapi perlu diingat juga, usia lebih ini hanya titipan dan kesempatan agar kita beribadah," pungkasnya.

(yum/yum)