Pilu Bocah 7 Tahun di Sukabumi Tak Punya Anus

Pilu Bocah 7 Tahun di Sukabumi Tak Punya Anus

Siti Fatimah - detikJabar
Senin, 03 Okt 2022 05:00 WIB
Bocah tanpa anus di Sukabumi.
Riyan Maulana, boca tanpa anus di Sukabumi. (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Pilu dialami anak 7 tahun di Kota Sukabumi. Bocah laki-laki itu lahir tanpa memiliki lubang anus dan kelamin atau atresia ani.

Anak bernama Riyan Maulana ini merupakan putra pasangan suami istri Dedi dan Euis. Warga Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi ini mendapatkan cobaan pahit saat anak keduanya lahir.

Ayah Riyan merupakan pedagang asongan. Saat anak lain seusia Riyan sudah duduk di bangku sekolah dasar, Riyan hanya bisa duduk di dalam rumah dan sesekali ikut pembelajaran PAUD di dekat rumahnya.


Dedi mengatakan, kondisi Riyan itu sudah dialami sejak lahir. Enam hari pasca kelahirannya, Riyan pernah menjalani operasi colostomy.

"Dari situ karena pembiayaannya mogok untuk jalan ke Bandung, jadi ditunda (operasi lanjutannya), dilanjutkan lagi tahun 2018. Tapi tahun 2018 ditunda lagi karena mogok biaya, sekarang dilanjut lagi karena ada pendampingan dari SKP (Sahabat Kristiawan Peduli)," kata Dedi kepada detikJabar, Minggu (2/9/2022).

Salah seorang pengurus SKP, Wulan Prasetyo menambahkan, saat ini Riyan berada di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Dia mendapatkan bantuan pembiayaan untuk tindakan medis.

"SKP mendampingi kelanjutan pengobatan Riyan yang dulu sempat tertunda di RSHS. Riyan membutuhkan nutrisi karena Riyan susah makan nasi, sedangkan bisa menjalani tindakan dibutuhkan kesiapan kondisi fisik yang sehat," jelas Wulan.

Dia mengatakan, pengobatan Riyan saat ini masih bisa ditanggung BPJS Kartu Indonesia Sehat (KIS). Namun, kata dia, tak menutup kemungkinan ada pembiayaan lain, termasuk kebutuhan sehari-hari Riyan dan keluarganya di Bandung selama masa pengobatan.

"Dan Isyaallah SKP akan usahakan. Sekarang belum terlihat pembiayaannya, karena baru di lakukan rontgen, cek laboratorium dan cek kromosom," ujarnya.

"Tahap awal kemungkinan akan didahulukan tindakan pembuatan lubang anus dan untuk pembuatan alat kelamin, kami belum sampai masuk ke arah situ, cuman kemarin sudah diketahui dari hasil cek kromosom Riyan condong ke laki-laki," tutupnya.

(orb/orb)