Saran Ridwan Kamil Agar Anak Tak Jadi Korban Perundungan

Wisma Putra - detikJabar
Minggu, 02 Okt 2022 00:30 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: dok. Humas Jabar)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyayangkan aksi perundungan yang dilakukan siswa SMP terhadap sebayanya di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kang Emil sapaan karib Ridwan Kamil meminta agar pihak sekolah dan orang tua siswa saling evaluasi agar kejadian serupa tidak kembali terjadi

"Evaluasi pembullyan kekerasan terhadap anak, evaluasi di dunia pendidikan berasrama ini terus dilakukan konsolidasi, makanya ingat ya rumusnya. Ortu di rumah menjadi pengganti guru, maka ajarilah anak anak pada saat dia pulang sekolah yang diajari tidak harus urusan pelajaran tapi karakter, ilmu, menghargai sesama manusia, jangan membully, semua manusia adalah unik, saling menghargai menyayangi," kata Kang Emil di Kopo Bandung, Sabtu (1/10/2022).


"Nomor duanya, guru di sekolah itu jadi pengganti ortu jadi jangan hanya mengajari pelajaran saja," tambahnya.

Kang Emil juga meminta kepada para guru agar memahami karakter anak didiknya saat mereka di sekolah.

"Dilihat anaknya lagi sebel apa enggak, ada pembullyan apa enggak, pantau pas istirahat, pulang sekolah kawal sampai memastikan mereka pergi dari sekolah tidak melipir dan akhirnya terjadi pembullyan dan kekerasan yang sering kali hadir dalam keseharian kita," jelasnya.

Kang Emil optimis, jika orang tua menjadi guru di rumah dan guru menjadi orang tua di sekolah, kejadian demikian tidak akan terulang.

"Jadi, jadilah orang tua menjadi pendidik di rumah, jadilah pendidik guru yang menjadi orang tua di sekolah. Mudah-mudahan seperti itu," pungkasnya.



Simak Video "Polisi Periksa Terduga Pelaku Bully Siswa di SMP Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(wip/dir)