Aturan Lengkap Berbusana Islami di Kampus Unisba

Aturan Lengkap Berbusana Islami di Kampus Unisba

Bima Bagaskara - detikJabar
Jumat, 30 Sep 2022 19:31 WIB
Kampus Unisba.
Kampus Unisba (Foto: Bima Bagaskara/detikJabar).
Bandung -

Universitas Islam Bandung (Unisba) memberlakukan aturan penggunaan busana Islami di lingkungan kampusnya yang sudah berlaku sejak 1 September 2022 kemarin.

Dalam aturan itu, mahasiswa dan mahasiswi Unisba diminta mentaati pertaturan yang telah dibuat, yakni berbusana Islami. Poinnya, mahasiswi harus menggunakan hijab dan menutup aurat, sedangkan mahasiswa dilarang menggunakan anting hingga kaus oblong.

Wakil Rektor III Unisba Amrulllah Hayatudin menjelaskan aturan wajib berbusana Islami itu tertuang dalam peraturan Rektor Unisba NO: 252/F.04/REK/VI/2022 tentang Penggunaan Busana Islami Bagi Mahasiswa di Lingkungan Kampus Unisba.


Amrullah mengatakan aturan tersebut dibuat sesuai dengan visi misi Rektor Unisba untuk mengingkatkan Ruhul Islam terhadap dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

"Salah satu implementasi dari peningkatan Ruhul Islam itu adalah dikeluarkannya aturan wajib berbusana Islami di kampus untuk yang muslim," kata Amrullah saat ditemui detikJabar, Jumat (30/9/2022).

Dalam aturan itu, mahasiswi Unisba diharuskan untuk berbusana muslimah dan menutup aurat dengan memakai hijab serta baju yang longgar.

Namun Amrullah menegaskan jika aturan berbusana islami tidak wajib bagi mahasiswi non muslim. Menurutnya mahasiswi non tidak wajib memakai hijab namun tetap harus berpakaian rapih dan sopan.

"Kalau non muslim tidak diatur. Aturan itu mengatur tentang berbusana islami rapih dan sopan sehingga yang non muslim berpakaiannya tidak mengikuti busana islami, tapi lebih kepada rapih dan sopan," jelasnya.

Amrullah juga mengungkapkan, aturan berbusana islami itu berlaku di wilayah Kampus Unisba. Ia menjabarkan, wilayah Kampus Unisba tidak hanya meliputi lingkungan tempat pendidikan, namun juga aktivitas mahasiswa mahasiswi di luar kampus.

Berikut aturan lengkap berbusana islami di Kampus Unisba seperti dirangkum detikJabar:

Berbusana di Lingkungan Kampus Bagi Mahasiswa

1. Selama Pembelajaran (Perkuliahan dan Praktikum), dan Pelayanan di Lingkungan Universitas, Dekanat, dan Unit-Unit.

Laki-laki

a. Wajib berpakaian Islami, sopan dan rapih.
- tidak memakai kaos oblong
- tidak memakai celana ketat
- tidak memakai celana sobek.
- tidak memakai celana pendek atau tiga perempat. seperti:

b. Tidak boleh memakai aksesoris perempuan.
- kalung (kecuali kalung medis)
- gelang (kecuali gelang medis)
- anting

c. Memakai sepatu dan tidak boleh memakai sandal.

d. Tidak bertato dan tidak bertindik.

e. Tidak mencat rambut, dan menata rambut dengan rapi.

Perempuan

Berbusana Islami menutup seluruh anggota badan kecuali muka dan telapak tangan, tidak ketat dan tidak transparan. Busana dapat berupa:

a. Atasan panjang setengah paha dengan tangan panjang sampai pergelangan tangan.

b. Bawahan berupa celana panjang atau rok tanpa belahan.

c. Rok terusan atau gamis yang tidak berlebihan.

d. Wajib menggunakan kerudung yang menutup dada.

e. Tidak memakai perhiasan berlebihan

f. Tidak berhias memakai eye liner, blash on, bulu mata palsu secara berlebihan.

g. Memakai sepatu bukan selop atau sandal.

2. Ketika ujian berlangsung baik UTS maupun UAS:

a. Laki-laki: Memakai celana panjang berwarna hitam berbahan kain (bukan jeans) dan kemeja putih lengan panjang.

b. Perempuan: Memakai rok hitam panjang, kemeja putih lengan panjang, dan wajib memakai kerudung warna putih kecuali bagi non-muslim.

3. Kegiatan Ekstra Kurikuler

Kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa disesuaikan dengan kebutuhan, dan ketentuan berpakaian di atas, serta menutup aurat, termasuk pada saat menjadi utusan membawa nama institusi/Perguruan Tinggi Unisba dalam berbagai kegiatan di tingkat kota/wilayah/nasional/internasional menggunakan busana sesuai dengan ketentuan pada no 1 wajib dan 2. Demikian pula dalam jenis kegiatan olah raga.

(bba/mso)