Bayi Laki-laki Ditemukan di Rawa Uncal Sukabumi, Terbungkus Sarung Putih

Bayi Laki-laki Ditemukan di Rawa Uncal Sukabumi, Terbungkus Sarung Putih

Siti Fatimah - detikJabar
Kamis, 29 Sep 2022 20:26 WIB
Penemuan bayi laki-laki di Sukabumi.
Bayi laki-laki ditemukan di Sukabumi (Foto: Istimewa).
Sukabumi -

Bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan tergeletak di semak-semak Rawa Uncal, tepatnya di pinggir Jalan Raya Proklamasi, Jayaraksa, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Kamis (29/9/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bayi tersebut ditemukan dalam keadaan sehat dengan ari-ari masih menempel. Bayi mungil itu juga terbungkus dalam plastik kain berwarna kuning dan diselimuti sarung putih.

Kapolsek Baros Resor Sukabumi Kota Kompol Heri Hermawan mengatakan penemuan bayi itu mulanya diketahui oleh dua orang ibu-ibu yang sedang berolahraga. Keduanya mendengar suara tangisan bayi dan langsung melaporkan peristiwa itu ke ketua RT setempat.


"Tadi ada yang jalan olah raga ibu-ibu dua orang, pada saat melintas di Jalan proklamasi ada suara tangisan, kata rekannya 'itu ada tangisan anak kecil' diperiksa belum berani buka. Pas dicek ada plastik kantong kain warna kuning (ternyata ada bayi) langsung lapor ke Pak RT Abdul Rozak," kata Heri saat ditemui detikJabar di Polsek Baros, Kamis (29/9/2022) malam.

Lebih lanjut, Abdul melaporkan ke pihak berwajib dan bayi itu langsung dievakuasi. Bayi tersebut asalnya akan dibawa ke puskesmas namun puskesmas yang dituju tutup.

"Dibawa bayinya ke sini (Polsek Baros) ke Puskesmas tidak ada (tenaga kesehatan). Kemudian kita penanganan pertama langsung bawa ke rumah sakit Al-Mulk tapi saat di perjalanan ada Puskesmas Cikundul. Daripada kejauhan, maksudnya untuk langkah awal menyangkut nyawa manusia jadi ditangani dulu oleh Puskesmas Cikundul," jelasnya.

Di sanalah bayi mendapatkan perawatan awal seperti memberikan injeksi vitamin, salep mata dan perawatan tali pusar. Kemudian, pihaknya merujuk bayi itu ke RSUD Syamsudin untuk penanganan medis.

Polisi menduga, bayi tersebut dibuang saat baru dilahirkan. Lokasi dugaan pembuangan bayi jauh dari pemukiman warga. Meski demikian, berdasarkan pemeriksaan sementara tak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh bayi.

"Sementara tidak ada. Untuk saat ini masih dalam penyelidikan Unit Reskrim," ucapnya.

Terpisah, Case Manager Keluhan dan Informasi RSUD Syamsudin dr. Rizky Ramadhan mengatakan, bayi mungil itu tiba pada pukul 16.11 WIB. Saat ini kondisi bayi dalam keadaan stabil.

"Kami menerima pasien bayi X jenis kelamin laki-laki perkiraan baru dilahirkan, diantar oleh pihak kelurahan Cikundul dan kepolisian. Untuk saat ini bayi dalam kondisi stabil dan masih dilakukan pemeriksaan serta obeservasi," kata Rizky.

(mso/mso)