Hobi Motor Klasik, Wagub Uu Bagikan Tips 'Rahasia' Mengendarai Vespa

Hobi Motor Klasik, Wagub Uu Bagikan Tips 'Rahasia' Mengendarai Vespa

Tim detikJabar - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 23:12 WIB
Wagub Jabar dengan vespa miliknya
Foto: Istimewa
Bandung -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum diketahui gemar mengoleksi kendaraan klasik. Salah satunya Vespa. Uu pun membagikan tips 'rahasia' mengendarai motor jenis scooter itu.

Uu mengatakan mengendarai motor pabrikan Italia ini susah-susah gampang. Ada beberapa tips yang diberikan Uu untuk para penghobi motor yang akan mencoba mengendarai Vespa.

"Meski sudah banyak tahu, namun saya senang membagikan tips ini buat pemula dan yang belum tahu," ujar Uu dalam keterangannya, Rabu (28/9/2022).


Tips pertama merupakan tips paling dasar yaitu melepaskan motor dari standar. Berdirilah di sebelah kiri motor dan pegang stang kiri dengan tangan kiri. Kemudian luruskan roda depan, lalu kaki kanan pada tungkai motor standart tengah.Sedangkan kaki kiri berada di menempel box motor untuk mendorong dengan kekuatan paha.

Tips kedua, adalah parkir vespa dengan standart tengah. Dengan posisi masih berdiri di sebelah kiri motor. Tangan kiri memegang stang, tangan kanan memegang jok motor untuk menjaga keseimbangan. Kaki kanan berada di standart tengah.

"Kuncinya paha kanan menempel pada bodi motor dan mendorong dengan kekuatan paha. Ini akan lebih ringan dibanding kita menarik jok motor dengan tangan. Gampang kan," jelas UU.

Tips lainnya adalah bagaimana mengendalikan motor vespa mundur. Saat motor mau mundur, biasanya gigi netral. UU tidak menyarankan ini.

"Lebih baik tarik juga kopling, kalau orang sunda bilang tengkep kopling na. Supaya kalau masuk gigi, motor tidak membahayakan," kata Uu.

Setelah kopling ditarik, maka motor bisa dimundurkan perlahan sampai menemukan lokasi ideal. Setelah itu, baru lepas koplingnya.

"Semoga bermanfaat ya tips standart vespa, melepaskan standart, menyalakan sampai mundur dengan kopling," tutup UU.



Simak Video "Permohonan Maaf Wagub Jabar soal Kontroversi Poligami Solusi Cegah HIV"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)