Wagub Uu Minta Bupati-Wali Kota di Jabar Segera Pakai Kendaraan Listrik

Wagub Uu Minta Bupati-Wali Kota di Jabar Segera Pakai Kendaraan Listrik

Deden Rahadian - detikJabar
Rabu, 21 Sep 2022 15:00 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (Foto: dok. Humas Jabar)
Tasikmalaya -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta Kabupaten dan Kota mulai beralih ke kendaraan listrik. Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta agar pemerintah daerah menganggarkan untuk kendaraan listrik.

"Saya minta Bupati dan Wali Kota serta Forkominda untuk segera gunakan kendaraan listrik. Tahapan pembelian kendaraan listrik ini harus masuk dalam anggaran perubahan sekarang," ujar Uu di Tasikmalaya, Rabu (21/9/2022).

Uu mengatakan pemerintah perlu menjadi contoh bagi masyarakat dalam penggunaan kendaraan listrik. Menurutnya, selain menghemat BBM, kendaraan listrik juga termasuk ramah lingkungan.


"Pemprov sesuai arahan pusat kita sedang galakan listrik dalam segala hal. Listrik dianggap ramah lingkungan listrik.tidak terlalu bebani energi karena energi terbarukan. Tak hanya otomotif saja, pemerintah juga tengah menggodog kegunaan listrik lainya," ucap Uu.

Menurut Uu sejauh ini belum ada Bupati atau Kepala Daerah di Jabar yang menggunakan kendaraan listrik. Sementara di tingkat Provinsi, dia dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil serta Sekda sudah mulai menggunakan.

"Saya pakai yang itu tuh kendaraan listriknya. Halus suaranya kan gak ada knalpot jadi gak bising," tambah Uu.

Di samping itu, Uu juga meminta agar perusahaan di Jawa Barat mulai beralih menggunakan solar cell untuk energi perusahaan.

"Saya juga meminta perusahaan besar di Jabar, coba gunakan solar cell dalam pemenuhan energinya. Jangan lagi gunakan BBM," kata Uu.



Simak Video "Permohonan Maaf Wagub Jabar soal Kontroversi Poligami Solusi Cegah HIV"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)