Mobil 'Legendaris' Masih Mejeng di Parkiran Depan Unsil Tasikmalaya

Mobil 'Legendaris' Masih Mejeng di Parkiran Depan Unsil Tasikmalaya

Faizal Amiruddin - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 12:00 WIB
Mobil legendaris yang terparkir bertahun-tahun di Tasikmalaya.
Mobil 'legendaris' yang terparkir tahunan di Tasikmalaya (Foto: Faizal Amiruddin/detikJabar)
Tasikmalaya -

Mobil minibus 'legendaris' masih terparkir di pinggir jalan depan kampus Universitas Siliwangi (Unsil), Jalan Siliwangi, Tasikmalaya, meski dengan tampilan berbeda setelah dibersihkan. Mobil jenis Daihatsu Espass yang terparkir tahunan itu, semula penuh noda mengerak.

eperti pantauan detikJabar Rabu (28/9/2022), mobil yang parkir di dekat gerbang masjid Unsil itu terlihat berbeda dari sebelumnya. Mobil tampak telah bersih. Bagian kaca mobil yang sebelumnya menghitam akibat noda kini terlihat bersih, begitu pula dengan bagian bodi mobil.

Setelah dibersihkan mobil ini terlihat tidak lagi mencolok dibandingkan sebelumnya. Namun, dua bagian roda sebelah kiri masih dalam keadaan kempes dan kotor. "Ya katanya mau dipindahkan, kemarin dibersihkan oleh pemiliknya. Tinggal menghidupkan mesinnya," kata seorang tukang becak yang mangkal di sekitar lokasi.


Menghidupkan kembali mobil yang bertahun-tahun tak dioperasikan membutuhkan waktu atau tahapan. "Mungkin mesin harus diservis dulu, minimal accu sama oli mesin harus diperiksa dulu," katanya.

Sebelumnya mobil jenis Daihatsu Espass ini tampak tak terurus dan sudah bertahun-tahun parkir di dekat gerbang masuk masjid Unsil. Mobil ini jadi sorotan dan mengundang rasa penasaran sebagian warga. Karena bertahun-tahun parkir hingga mobil penuh noda dan kotoran.

Mobil yang sedianya berwarna coklat muda itu berubah warna karena rusak diguyur hujan dan terik matahari. Bahkan bagian kacanya menjadi buram karena penuh kotoran yang sudah mengerak. Rerumputan tumbuh subur di bawah mobil.

Dikutip dari aplikasi Sambara Jawa Barat, mobil tersebut merupakan mobil lansiran tahun 2005 dengan warna coklat muda metalik. Mobil ini pun taat membayar pajak.

Kepala UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya Uen Haeruman mengatakan, pihaknya sudah mengambil langkah-langkah terkait mobil yang terparkir bertahun-tahun di pinggir jalan depan kampus Universitas Siliwangi (Unsil) Kota Tasikmalaya.

"Baru saja kami melakukan penelusuran terkait pemilik mobil tersebut. Ternyata milik warga sekitar Unsil. Dia rumahnya di dalam gang, tak punya garasi. Kami sudah berkomunikasi dan pemilik sudah menyatakan kesiapan untuk memindahkan mobil tersebut," kata Uen, Senin (26/9/2022).

Dia menjelaskan memarkirkan mobil di area publik atau di area parkir umum dalam jangka waktu yang lama dianggap melanggar aturan. "Ya itu kan area parkir umum, kalau parkir bertahun-tahun tentu mengganggu dan melanggar aturan," kata Uen.

Untuk sementara ini pihaknya belum memberikan sanksi terkait pelanggaran tersebut. Dia memberikan kesempatan kepada pemilik mobil untuk memindahkan mobil itu segera.

"Belum ke arah sana (sanksi), yang jelas kami imbau agar pemilik mobil memindahkan dulu. Jangan menyimpan di area parkir umum, apalagi itu berada di pinggir jalan protokol, jalur padat kendaraan dan ramai aktivitas dekat kampus," kata Uen.

(iqk/iqk)