Dony-Erwan Ungkap 2 Pekerjaan Rumah di Sumedang Jelang Akhir Jabatan

Dony-Erwan Ungkap 2 Pekerjaan Rumah di Sumedang Jelang Akhir Jabatan

Nur Azis - detikJabar
Kamis, 29 Sep 2022 02:00 WIB
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan wakilnya, Erwan Setiawan dalam dalam Rapat Evaluasi Kinerja Pembangunan 4 Tahun di Aula Tampomas, Gedung Pusat Pemerintahan Sumedang, Rabu (28/9/2022).
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan wakilnya, Erwan Setiawan dalam dalam Rapat Evaluasi Kinerja Pembangunan 4 Tahun di Aula Tampomas, Gedung Pusat Pemerintahan Sumedang, Rabu (28/9/2022). (Foto: Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dengan didampingi Wakil Bupati Erwan Setiawan secara terbuka mengaku masih memiliki dua pekerjaan rumah yang belum selesai di akhir masa jabatannya pada 2023 mendatang.

Dua hal itu yakni, pembangunan infrastruktur jalan serta berupaya terus menekan angka kemiskinan.

"Tentunya beberapa hal yang belum kami wujudkan yaitu berkenaan infrastruktur jalan, sedang bertahap, karena base line kita dulu banyak jalan yang belum terbangun, sehingga jalan yang sedang dibangun saat ini pun tidak bisa memenuhi semuanya," ungkap Dony seusai Rapat Evaluasi Kinerja Pembangunan 4 Tahun di Aula Tampomas, Gedung Pusat Pemerintahan Sumedang, Rabu (28/9/2022).


Terkait hal itu, sambung Dony, pihaknya akan terus menggenjot berkenaan pembangunan infrastruktur jalan tersebut hingga tahun 2023 mendatang.

"Maka infrastruktur jalan ini akan terus kita genjot hingga tahun depan, semoga panjang jalan kita akan semakin bertambah," ujarnya.

Sementara berkaitan dengan angka kemiskinan, Dony pun berkomitmen akan terus mengupayakan agar tingkat angka kemiskinan terus menurun.

"Kami akan terus mengupayakan bagaimana menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan indeks pendidikan serta kesehatan, ini akan terus kami upayakan termasuk bagaimana UMKM bisa lebih baik lagi dalam memasarkan dan meningkatkan pendapatan," katanya.

Sebelumnya, Dony menyebutkan beberapa hal yang telah dicapai selama masa kepemimpinannya. Salah satunya Indeks Pembangunan Manusia.

"IPM Sumedang pada 2021 sebagai tahun base line-nya ini, IPM-nya menduduki rangking ke 12 di Jawa Barat tapi rangking ke 3 diantara kabupaten di Jawa Barat," ucapnya.

Capaian lainnya, menurunnya angka pengangguran, menekan angka kemiskinan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumedang

"Angka kemiskinan kita naik tapi seluruh kabupaten kota pun naik angka kemiskinan ini tapi naiknya di Sumedang ini terendah di banding daerah lain, Sumedang ini hanya 0,4 angka kenaikannya sementara daerah lain di Jawa Barat rata-rata 0,6 kenaikannya," katanya.

"Itu di antara capaian-capaian dalam rangka meraih Sumedang Simpati," Dony menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Dony pun mengajak kepada seluruh SKPD untuk tetap kompak, bekerja keras, bekerjasama serta bekerja dengan hati.

"Kedepannya saya mengajak membangun dengan hati, bekerja dengan hati tidak hanya sebatas formalitas menggugurkan kewajiban, tapi jika bekerja dengan hati dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya maka semuanya akan berjalan dengan baik," paparnya.

(yum/yum)