Jabar Mendunia

Video Eksperimental Karya Pemuda Sumedang Sabet Juara Ajang Internasional

Nur Azis - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 15:00 WIB
Seni kontemporer karya pemuda Sumedang sukses juarai ajang internasional.
Seni kontemporer karya pemuda Sumedang sukses juarai ajang internasional (Foto: Istimewa).
Sumedang -

Warga Sumedang patut berbangga kepada para pemuda ini. Pasalnya, baru-baru ini mereka sukses menjuarai ajang Facade Video Festival 2022.

Facade Video Festival sendiri merupakan ajang pameran seni video kontemporer internasional yang diadakan di Plovdiv, Bulgaria.

Dalam ajang ini, seni video kontemporer hasil para seniman dunia dipertontonkan atau diproyeksikan ke sebuah gedung di kota tua Plovdiv, Bulgaria dan bangunan lainnya yang ada di sekitarnya.


Video karya pemuda Sumedang berjudul Sesak: the sound of marine debris (suara sampah-sampah laut) sukses menyabet juara atau memenangkan Facade Prize 2022.

Director dan Creative Director dari karya tersebut Faqih Allawii menjelaskan total dari 100 video karya seniman dari mancanegara, video yang dibuat bersama teman-temannya sukses masuk 10 besar sebagai karya terpilih setelah melalui proses kurasi para juri sekaligus meraih Winner Facade Prize 2022.

"Jadi sebelumnya melalui tahap kurasi dulu, dari 100 lebih peserta seluruh dunia kemudian dikurasi menjadi 36 karya terpilih, selanjutnya menjadi 10 karya pilihan juri," ungkap Faqih kepada detikJabar, Rabu (28/9/2022).

Faqih menyebut video yang dibuat merupakan seni video eksperimental soundscape dengan melibat sejumlah seniman Sumedang.

"Dalam karya ini melibatkan tiga performance, tiga artisan berikut saya selaku director atau sutradara," ucapnya.

Lebih jauh, Faqih menjelaskan terkait pemilihan judul dari karyanya tersebut. Menurutnya, judul itu berangkat dari rasa keprihatinannya terhadap isu lingkungan khususnya persoalan sampah yang telah menjadi persoalan endemik di seluruh dunia.

"Karya yang dibuat secara anthropologist dan marine ecologist yang dirasakan oleh saya sebagai representasi kini terhadap polusi sampah di pesisir Jawa. Masalah ini ternyata bukan hanya di Indonesia, tetapi menjadi endemik di seluruh pesisir pantai dunia," paparnya.

Terkait persoalan itu, Faqih kemudian merangkainya menjadi sebuah karya dengan mengumpulkan objek-objek sampah untuk diubahnya menjadi sebuah bunyi yang dibalut dengan sebuah narasi dalam bentuk visual.

Visual yang ditampilkan berupa performance experimental untuk menghasilkan sebuah karya empatik kaitannya antara hubungan manusia dengan alamnya.

"Sebagai warga Sumedang yang jauh dari pesisir, karya ini bukan hanya di implementasikan terhadap laut, tetapi ekosistem air yang bisa kita cocoklogikan dengan sungai dan bendungan Waduk Jatigede," terangnya.

Facade Video Festival 2022 sendiri digelar pada 13-14 September 2022. Ajang kali ini merupakan ajang yang ke-13 yang digagas oleh Proyek Art Today Association, Pusat Seni KontemporerPlovdiv, Bulgaria bekerja sama dengan Goethe Institut Bulgaria.