Jejak Pertemuan Ridwan Kamil dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto

Jejak Pertemuan Ridwan Kamil dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto

Rifat Alhamidi - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 15:59 WIB
Airlangga dan Ridwan Kamil
Ridwan Kamil dan Airlangga (Foto: istimewa).
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memang masih menyimpan rapat-rapat partai politik pilihannya untuk mengarungi Pemilu 2024. Namun kini, muncul isu jika pria yang akrab disapa Kang Emil itu bakal segera berseragam Partai Golkar.

Isu Ridwan Kamil ini pun turut dikuatkan sejumlah sumber detikJabar dari kalangan internal Partai Golkar. Meski tidak menjelaskan secara lebih spesifik, namun 3 sumber yang dihubungi ini mengamini jika Ridwan Kamil bakal segera berseragam partai berlambang pohon beringin kuning tersebut.

Jauh sebelum isu ini mencuat, Ridwan Kamil terekam sudah beberapakali bertemu dengan Ketum Golkar Airlangga Hartato. Berdasarkan catatan detikJabar, ada 3 agenda bersama antara Ridwan Kamil dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto yang terjalin pada tahun ini.


Agenda pertama, yaitu saat Ridwan Kamil menghadiri agenda Munas IX AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia -sayap Partai Golkar-) di Gedung Merdeka, Kota Bandung pada Minggu (6/3/2022). Di hadapan Airlangga yang juga turut hadir, Ridwan Kamil mendukung Ketum Partai Golkar itu menjadi Presiden.

Saat memberikan sambutannya, Kang Emil-sapaannya- melontarkan kata-kata yang cukup menarik perhatian. Saat itu dari atas mimbar, Kang Emil seolah-olah mendukung Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto maju menjadi Capres 2024.

"AMPI jaya, Golkar menang, Airlangga Presiden," kata Kang Emil.

Usai menyampaikan kata-kata itu, ratusan kader AMPI di Gedung Merdeka langsung menyambutnya dengan tepukan tangan.

"Orang Jawa Barat itu terkenal dengan sopan santunnya. Seumpama tamu ingin makan apa kami sediakan, tamunya sedang bercita-cita apa kami galakkan itu, jawabannya itu terimakasih," ucap Kang Emil saat ditanya wartawan.

Saat dimintai keterangan, Kang Emil menegaskan lontaran kalimat yang ia sampaikan saat memberi sambutan dalam Munas AMPI itu sebagai penghormatan dari tuan rumah kepada tamunya.

Ia juga enggan berkomentar lebih jauh ketika dikait-kaitkan dengan partai yang dipimpin Airlangga Hartarto tersebut. "Salah satu yang sedang diistikharah, nanti dikabari kalau sudah ada keputusan," singkatnya.

Pertemuan kedua terjadi saat Gubernur Jawa Barat itu menyambangi kediaman Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Ridwan Kamil beserta istrinya tiba di kediaman Airlangga Hartarto di Jalan Widya Chandra, Komplek Kediaman Menteri, Jakarta Selatan, Minggu (15/5) pukul 17.05 WIB.

Saat itu, Ridwan Kamil mengaku kunjungannya ke kediaman Airlangga sebagai bentuk silaturahmi setelah Idul Fitri. Di hadapan Airlangga, Kang Emil melaporkan respons positif soal Koalisi Indonesia Bersatu.

"Kan ada berita koalisi tuh, di bawah bagus responnya, saya laporkan ke Pak Airlangga. Koalisi ini responnya sangat positif dan memberikan harapan-harapan dan tentunya dengan begitu mudah-mudahan, ini juga mendukung sisa jabatan saya," ujarnya.

Selain dengan Airlangga, saat itu Ridwan Kamil juga bertandang ke kediaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di hari yang sama. PAN dan Golkar saat itu diketahui telah membangun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk menatap Pemilu 2024.

Usai pertemuan dengan dua ketua parpol, nama Ridwan Kamil mulai diperbincangkan di internal KIB. Namanya dianggap sebagai sosok potensial untuk dicalonkan pada perhelatan Pilpres 2024 mendatang.

Pertemuan terakhir Ridwan Kamil dan Airlangga terjadi saat adanya momen duka yang melanda Gubernur Jawa Barat tersebut. Waktu itu, pada Senin (13/6/2/2022) malam Airlangga bertakziah ke kediaman pribadi Ridwan Kamil di Komplek Cigadung Selatan, Kota Bandung untuk menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Sebelumnya diberitakan, Ridwan Kamil belum mau memutuskan partai politik mana yang akan ia pilih untuk Pemilu 2024 nanti. Ia mengaku masih perlu beradaptasi sepeninggalan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

"Itu juga bagian, karena saya masih beradaptasi dari duka," katanya ketika ditanya wartawan mengenai pilihan partai politik jelang Pemilu 2024 saat ditemui di DPRD Jabar, Senin (5/9/2022).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu belum memutuskan akan menggunakan seragam parpol yang mana untuk dia berlabuh. Kang Emil mengaku, jika sudah waktunya, ia akan menyampaikan sendiri partai yang dipilihnya nanti.

"Mungkin nanti juga pasti disampaikan kalau ada waktunya," ujarnya.

Meski belum ada keputusan, terbaru, relawan Ridwan Kamil yang tergabung dalam Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) meyakini mantan Wali Kota Bandung itu akan mengumumkan masuk parpol pada Desember 2022. Bocoran ini didapat relawan usai beberapa kali berdiskusi dengan Ridwan Kamil.

"Kalau mendengar dari pembicaraan terakhir itu, di kisaran bulan Desember katanya. Jadi, di bulan Desember (Ridwan Kamil akan mengumumkan masuk parpol)," kata Sekretaris Jenderal GNIJ Suhara Iskandar kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

(ral/mso)