Menguat, Ridwan Kamil Bakal Berseragam Partai Golkar?

Menguat, Ridwan Kamil Bakal Berseragam Partai Golkar?

Rifat Alhamidi - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 14:50 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Indramayu
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Sudedi Rasmadi/detikJabar).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disebut bakal mengumumkan masuk partai politik pada Desember 2022. Kini, mulai menguat isu Ridwan Kamil akan berlabuh ke Partai Golkar.

Kabar menguatnya Ridwan Kamil bakal berseragam Partai Golkar turut diamini sejumlah sumber detikJabar dari kalangan kader internal Partai Golkar. Ada 3 sumber yang detikJabar hubungi, dan semuanya turut menguatkan isu jika Ridwan Kamil akan segera berseragam Partai Golkar.

Namun, ketiga sumber ini tak menjelaskan secara lebih spesifik bagaimana hubungan terkini Ridwan Kamil dengan Partai Golkar. Mereka hanya menyatakan Ridwan Kamil berpeluang besar berseragam Golkar.


Saat dikonfirmasi akan hal ini, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily belum mau berkomentar mengenai isu tersebut. Ia menyarankan wartawan detikJabar supaya mengkonfirmasi isu tersebut langsung kepada Ridwan Kamil.

"Konfirmasinya langsung ke Kang Ridwan Kamil aja ya kang," kata Ace singkat saat dihubungi, Rabu (28/9/2022).

Sementara, dalam agenda Pemprov Jabar, Ridwan Kamil hari ini berada di Depok untuk mengikuti serangkaian acara. Di Depok, Ridwan Kamil bakal menghadiri agenda dari pagi hari hingga pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya diberitakan, Ridwan Kamil belum mau memutuskan partai politik mana yang akan ia pilih untuk Pemilu 2024 nanti. Ia mengaku masih perlu beradaptasi sepeninggalan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

"Itu juga bagian, karena saya masih beradaptasi dari duka," katanya ketika ditanya wartawan mengenai pilihan partai politik jelang Pemilu 2024 saat ditemui di DPRD Jabar, Senin (5/9/2022).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu belum memutuskan akan menggunakan seragam parpol yang mana untuk dia berlabuh. Kang Emil mengaku, jika sudah waktunya, ia akan menyampaikan sendiri partai yang dipilihnya nanti.

"Mungkin nanti juga pasti disampaikan kalau ada waktunya," ujarnya.

Meski belum ada keputusan, terbaru, relawan Ridwan Kamil yang tergabung dalam Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) meyakini mantan Wali Kota Bandung itu akan mengumumkan masuk parpol pada Desember 2022. Bocoran ini didapat relawan usai beberapa kali berdiskusi dengan Ridwan Kamil.

"Kalau mendengar dari pembicaraan terakhir itu, di kisaran bulan Desember katanya. Jadi, di bulan Desember (Ridwan Kamil akan mengumumkan masuk parpol)," kata Sekretaris Jenderal GNIJ Suhara Iskandar kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

(ral/mso)