Cerita Euis, Buaya Sungai Cikaso yang Sering Muncul Usai Banjir

Kabupaten Sukabumi

Cerita Euis, Buaya Sungai Cikaso yang Sering Muncul Usai Banjir

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 14:22 WIB
Kemunculan Euis, buaya Sukabumi.
Kemunculan Euis, buaya Sukabumi (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Tidak banyak yang tahu pasti soal kapan pertama munculnya buaya di Sungai Cikaso, Kabupaten Sukabumi. Konon kabarnya, buaya penunggu Sungai Cikaso itu pertama kali menampakkan diri pada 2016 lalu usai meluapnya air sungai.

Buaya yang dikenal dengan sebutan Euis itu semakin sering menampakkan diri. Beragam kesaksian muncul terkait kemunculan Euis. Baru-baru ini, Euis kembali unjuk gigi dan 'menyapa' sejumlah relawan yang mengantar bantuan pada Senin (26/9/2022).

"Julukannya Euis, mungkin karena itu buaya betina. Karena kabar yang saya peroleh dari warga, Euis itu sedang bertelur dan kelihatannya memang ada sepasang ya buaya jenis itu di aliran Sungai Cikaso," kata Kades Cibitung, Iji Pahrudin kepada detikJabar, Rabu (28/9/2022).


Menurut Iji, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan soal Buaya Euis menyerang warga serta ternak milik warga. Namun, Iji kerap mewanti-wanti warga untuk tetap berhati-hati ketika bertemu atau berpapasan dengan hewan liar tersebut.

"Kelihatannya sepasang sepertinya lebih dari dua, dan selama ini memang tidak pernah mengganggu warga. Saya selalu informasikan ke warga soal buaya tersebut agar berhati-hati, kalau dari jenisnya itu buaya muara. Panjangnya empat meter lebih, yang terlihat relawan kemarin itu panjangnya sekitar empat meter. Relawan melihat saat mengantar bantuan ke Kedusunan Kadudahung, Kampung Ciloma," beber Iji.

"Pertama kali muncul itu saat pasca banjir bandang tahun 2016. Nah ketika kemarin terjadi bencana banjir, Euis kembali menampakkan diri karena sebelum bencana 2016 itu jarang muncul. Sekarang makin sering muncul mungkin bisa jadi karena sarangnya kena urug atau bagaimana," sambungnya.

Iji mengungkap penampakan jelas Euis sang buaya Sungai Cikaso pada hari Senin (26/8). "Yang merekamnya Pak Entang petugas Babinsa Koramil. Ada beberapa relawan juga yang melihat langsung saat itu," tuturnya.

Diberitakan, sejumlah relawan pengantar bantuan bencana banjir Sungai Cikaso dikagetkan dengan kemunculan buaya. Buaya yang dinamai Euis itu, muncul di bantaran sungai dan sempat terekam video relawan. Informasi diperoleh, Euis menampakkan diri pada Senin (26/9/2022).

Para relawan saat itu tengah mengantarkan bantuan ke Kedusunan Kadudahung, Kampung Ciloma, Desa/Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Untuk menuju kampung itu jarak paling ringkas adalah menggunakan perahu membelah Sungai Cikaso.

"Saat menyalurkan bantuan Sembako dan pakaian, di perjalanan menemukan buaya. Saat itu saya bersama personel TNI, Kepolisian, Pemuda Karang Taruna mau menyalurkan bantuan ke warga terdampak banjir di kadusunan Kadudahung, Ciloma," kata Kang Dela warga sekaligus relawan pengantar bantuan kepada detikJabar, Rabu (28/9/2022).

(sya/iqk)