Sejarah di Balik Hari Jantung Sedunia

Cornelis Jonathan Sopamena - detikJabar
Rabu, 28 Sep 2022 02:00 WIB
Ilustrasi lambang cinta atau jantung
Ilustrasi lambang cinta atau jantung (Foto: Getty Images/Eoneren)
Bandung -

Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) merupakan hari peringatan tahunan yang diperingati setiap 29 September. Di tahun ini, Hari Jantung Sedunia jatuh pada hari Kamis (29/09/2022).

Mengambil tema "Use Heart for Every Heart", federasi jantung dunia berharap ada peningkatan kesadaran di seluruh dunia untuk mencegah dan mengelola penyakit kardiovaskular.

Pasalnya, gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang buruk, kurang olahraga, dan merokok dapat memicu penyakit kardiovaskular yang sekaligus menjadi penyebab kematian paling umum di dunia.


Dikutip dari detikHealth, Hari Jantung Sedunia sendiri dicetuskan pada 1999 oleh World Heart Federation (WHF) dan World Health Organization (WHO). Ide tersebut dicetuskan oleh Antoni BayƩs de Luna, presiden WHF periode 1997-1999.

Ide tersebut muncul karena maraknya penyakit jantung di dunia. Bahkan di awal 2000-an, sekitar 17 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Mayoritas kematian tersebut diakibatkan penyakit jantung koroner atau stroke.

Awalnya, Hari Jantung Sedunia diperingati pada hari Minggu terakhir di bulan September. Hari Jantung Sedunia pertama pun dilaksanakan pada 24 September 2000. Semenjak 2012, peringatan ini terus dikenang setiap 29 September.

Setiap tahunnya, lebih dari 90 negara mengambil bagian dalam acara internasional ini. Peringatan Hari Jantung Sedunia juga sudah terbukti menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan informasi tentang CVD (Cardiovascular Disease).

Penyakit kardiovaskular ini kerap ditemukan di negara berkembang. Faktanya, sekitar 80% kematian akibat penyakit ini terjadi di negara berkembang dengan penghasilan rendah dan menengah. Sebab, masih terdapat banyak negara berkembang yang kekurangan program perawatan kesehatan yang efisien.

Artikel ini telah tayang di detikHealth dengan judul Hari Jantung Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Twibbon

(yum/yum)