Bocoran Relawan: Ridwan Kamil Tentukan Masuk Parpol Desember 2022

Bocoran Relawan: Ridwan Kamil Tentukan Masuk Parpol Desember 2022

Rifat Alhamidi - detikJabar
Selasa, 27 Sep 2022 07:57 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunggah foto bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Prabowo mengunggah foto tersebut usai Ridwan Kamil mendoakan dirinya menjadi presiden.
Foto: Prabowo dan Ridwan Kamil. (Instagram prabowo)
Bandung -

Ridwan Kamil hingga kini masih menyimpan rapat-rapat partai politik yang akan ia pilih sebagai tempatnya bernaung. Meski namanya masuk dalam bursa calon Presiden potensial, Gubernur Jawa Barat itu tak kunjung memutuskan parpol mana yang akan ia gunakan seragamnya di 2024.

Meski belum ada keputusan, relawan Ridwan Kamil yang tergabung dalam Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) meyakini mantan Wali Kota Bandung itu akan mengumumkan masuk parpol pada Desember 2022. Bocoran ini didapat relawan usai beberapa kali berdiskusi dengan Ridwan Kamil.

"Kalau mendengar dari pembicaraan terakhir itu, di kisaran bulan Desember katanya. Jadi, di bulan Desember (Ridwan Kamil akan mengumumkan masuk parpol)," kata Sekretaris Jenderal GNIJ Suhara Iskandar kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).


Meski sekarang belum memutuskan masuk partai politik, relawan menyebut sosok Ridwan Kamil sudah mulai diperhitungkan oleh pimpinan parpol di tingkat nasional. Salah satunya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang diketahui menyampaikan pujian saat bersua di Muktamar PP Persis beberapa waktu lalu.

"Kami meyakini bahwa Pak RK sudah diperhitungkan dengan ucapan Ketua Umum Gerindra. Kemarin itu bahkan ada isu yang kita yakini bahwa Pak Prabowo dua kali datang ke Jawa Barat itu meyakinkan bahwa Pak Ridwan Kamil memiliki potensi yang besar untuk masuk di calon Presiden," ungkapnya.

Relawan juga meyakini Ridwan Kamil punya peluang untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Hanya tinggal mencari kendaraan untuk maju, nama Ridwan Kamil bakal diperhitungkan mengingat hasil survei menyebutkan popularitas Gubernur Jabar itu konsisten di deretan 4 besar.

"Kami juga sudah meyakini, dari hasil survei, Pak RK ini konsisten meskipun baru sekitar 14 persen. Ini sudah luar biasa, karena Pak RK belum bergerak dan beliau bukan orang partai. Ini tentu potensial karena kalau kita lihat tren (hasil survei) terus meningkat," tuturnya.

Meski demikian, relawan menyerahkan semua keputusan apapun kepada Ridwan Kamil, termasuk soal Pilpres 2024. Relawan memastikan akan solid mendukung Ridwan Kamil walau nantinya dipinang menjadi calon wakil presiden, maupun menjadi gubernur di daerah lain.

"Kami kira ini akan dinamis, kami dari relawan terus berikhtiar bagaimana caranya Pak Ridwan Kamil tetap di nomor 1. Beliau juga menyampaikan bahwa ingin memanfaatkan momen yang ada. Relawan akan tetap solid mendukung apapun keputusan beliau," ucapnya.

Relawan yang tergabung dalam GNIJ saat ini sedang fokus menghimpun kekuatan dukungan bagi Ridwan Kamil. Rencananya, seluruh relawan Gubernur Jabar itu akan berkumpul pada 8-9 Oktober 2022 di Jakarta untuk menguatkan kembali suksesi Ridwan Kamil di Pilpres 2024.

Simak juga 'Musra I Relawan Jokowi: Ridwan Kamil Moncer Sebagai Cawapres':

[Gambas:Video 20detik]




(ral/yum)