Ditanya Soal 2024, Ridwan Kamil: Bisa Saja Jadi Gubernur di Timur

Ditanya Soal 2024, Ridwan Kamil: Bisa Saja Jadi Gubernur di Timur

Sudirman Wamad - detikJabar
Senin, 26 Sep 2022 20:30 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Rifat Alhamidi/detikJabar)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil belum menentukan sikapnya secara tegas terkait langkah politiknya pada 2024. Sejumlah spekulasi pun muncul, seperti peluang Ridwan Kamil maju di Pilgub DKI Jakarta hingga Pilpres 2024.

Ridwan Kamil telah membuka tiga jalur untuk maju di kontestasi politik pada 2024. Pertama adalah peluang untuk maju di Pilgub Jabar. Kedua, maju di Pilgub DKI Jakarta. Dan, ketiga adalah peluang maju di Pilpres 2024.

"Di nasional (pilpres) juga sedang terjadi dinamika," kata Ridwan Kamil kepada awak media di Gedung Sate, Senin (26/9/2022).

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengaku saat ini belum bisa menjawab soal langkah politiknya pada pesta demokrasi lima tahunan di 2024. "Jadi, jawaban itu pasti terjadi di detik-detik terakhir. Nggak bisa jauh-jauh hari," katanya.

"Kan bisa saja saya ke gubernur di Indonesia timur, kan bisa. Jadi nggak hanya di DKI jakarta. Kalau melihat apakah periode kedua jadi gubernur di mana, bisa jadi di Jabar lagi, atau provinsi lain" ucap Ridwan Kamil menambahkan.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan secara aturan KPU, dirinya dibolehkan untuk maju sebagai gubernur di daerah lain. Namun, sejauh ini belum ada tawaran tentang pilihan politiknya untuk maju di provinsi lain.


"Kan belum ada tawaran, itu mah ada orang memperbincangkan Ridwan Kamil yang pilihannya banyak, kan begitu. Mana yang dipilih oleh seorang Ridwan Kamil, nggak bisa dipilih sekarang, pengalaman saya mah menjelang, menjelanglah," kata Kang Emil.

(sud/yum)