Bupati Nina Fasilitasi Pengobatan Zul, Bocah yang Telan Kunci di Indramayu

Bupati Nina Fasilitasi Pengobatan Zul, Bocah yang Telan Kunci di Indramayu

Sukma Nur - detikJabar
Minggu, 25 Sep 2022 18:32 WIB
Pemkab Indramayu
Foto: Pemkab Indramayu
Jakarta -

M Zulzaly (Zul) bocah laki-laki berumur 8 tahun, asal Indramayu kini bisa bernafas lega. Pasalnya, setelah dirinya menelan kunci gembok pintu rumahnya beberapa hari lalu, kini Zul sudah mendapatkan perawatan medis dan dalam kondisi baik.

Untuk diketahui, Zul difasilitasi Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Tim Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) telah membawa Zul ke Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr Mintohardjo Jakarta untuk dioperasi sampai dinyatakan sembuh.

Nina mengatakan, segala keperluan Zul dan keluarga untuk ke rumah sakit telah difasilitasi pemerintah daerah. Sedangkan, untuk biaya pengobatan menjadi tanggungan dari pihak rumah sakit.


"Untuk biaya pengobatan di RS TNI AL Dr Mintohardjo akan ditanggung dari pihak rumah sakit atau pak KASAL," ujar Nina dalam keterangan tertulis, Minggu (25/9/2022).

Kejadian yang menimpa Zul membuat Nina mengimbau para orang tua untuk selalu berhati-hati dalam mengawasi anaknya. Ia harap kejadian seperti ini tidak akan terjadi pada anak lainnya.

Ia berpesan untuk masyarakat yang mengalami situasi darurat dan membutuhkan pertolongan medis, jangan segan untuk segera datang ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sebab, di antara 10 program unggulan yang ditujukan untuk akselerasi pembangunan dan membantu masyarakat, terdapat Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) dan Dokmaru.

Dua program ini bertujuan untuk segera membantu masyarakat Indramayu yang berada dalam situasi darurat bisa segera dibantu dan diatasi. Untuk masyarakat yang mengalami kondisi darurat, Nina mengatakan masyarakat bisa menghubungi call center I-Ceta dan khusus kesehatan bisa menghubungi call center Dokmaru.

"Melalui kedua program ini, diharapkan masyarakat dapat terbantu dan memperoleh penanganan atas permasalahannya dengan cepat. Masyarakat yang sehat merupakan cerminan Indramayu yang Bermartabat," pungkasnya.

Sementara itu, Dokter Spesialis Bedah Digestif di RS TNI AL dr Mintohardjo, dan dr. Pribadi Arif mengatakan untuk memastikan posisi anak kunci yang tertelan, pihak rumah sakit telah melakukan pemeriksaan penunjang medis/radiologi. Namun, hasil dari pemeriksaan tersebut menunjukkan anak kunci yang bersarang dalam lambung Izul sudah tidak ditemukan.

"Alhamdulillah, ternyata ususnya mungkin mampu beradaptasi, sehingga anak kuncinya itu bisa mengikuti gerakan peristaltik usus. Terus tanpa disadari oleh pasien, anak kuncinya bisa keluar lewat BAB, dan sekarang sudah tidak ada," kata dr. Pribadi Arif.

Selain itu, setelah dilakukan pemeriksaan dan analisa medis, saluran pencernaan dalam tubuh Zul juga tidak mengalami masalah apapun.

"Yang kita takutkan ada infeksi, mungkin juga pendarahan akibat anak kunci yang melewati sepanjang saluran pencernaan itu. Namun setelah kita periksa dan kita analisa tidak ada masalah," imbuhnya.

Saat ini kondisi Zul sudah dinyatakan dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Oleh karena itu, jika dalam beberapa waktu dipastikan tidak ada masalah, maka Zul dapat diperbolehkan pulang ke rumahnya.

"Ke depan kita hanya melakukan observasi, tapi kalau tidak ada masalah maka sudah boleh pulang," ucapnya.

Disisi lain, Ibu dari Zul Nina Listiana menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nina Agustina dan pihak Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr Mintohardjo Jakarta karena telah membantu pengobatan anaknya. Ia berharap anaknya dapat kembali sembuh dan beraktifitas seperti biasanya.=

"Semoga anak saya bisa segera sembuh seperti sebelumnya dan dapat bersekolah lagi," harapnya.

(ega/ega)