Bocah yang Telan Kunci di Indramayu Dibawa ke Jakarta

Sudedi Rasmadi - detikJabar
Jumat, 23 Sep 2022 08:30 WIB
Zul saat dibawa ke RS Mintoharjo.
Zul saat dibawa ke RS Mintoharjo. (Foto: Istimewa)
Indramayu -

Ramainya pemberitaan tentang kondisi yang dialami Zul menyita perhatian publik termasuk Wakil Staf TNI Angkatan Laut. Bocah yang tidak sengaja menelan kunci gembok asal Kelurahan Lemahabang, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu segera ditangani.

Informasi diterima detikJabar, Wakasal, Laksamana madya TNI Ahmadi Heri Purwono, memerintahkan jajarannya segera mengobati M. Zulzalali Wal Ikrom pada Kamis (22/9/2022) malam. Tim kesehatan Lanal Cirebon, mengevakuasi Zul menuju RSAL Mintoharjo di Jakarta.

"Perintah langsung dari Pimpinan (Wakasal) untuk mengobati Zul. Berita nya sudah ramai, kasian sudah seminggu, kunci gembok masih di dalam perut," kata Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Ainul Muslimin.


Dengan menggunakan 1 unit ambulans, Tim kesehatan Lanal Cirebon yang dipimpin dokter Rudy Kaprisyah, membawa Zul menuju rumah sakit untuk menjalani operasi pengangkatan kunci yang tertelan. Zul didampingi Ibunya (Nina Listiyana) dan kakaknya.

"Anggota kami sudah dalam perjalanan menuju RSAL Mintoharjo, Semoga proses operasi pasien berjalan lancar," singkat Danlanal Cirebon.

Sepekan lalu tepatnya pada Rabu (14/9/2022) malam, M. Zulzalali Wal Ikrom secara tidak sengaja menelan kunci gembok. Zul sempat menjalani perawatan medis di RSUD Indramayu selama dua hari.

Hasil analisa dokter setelah menjalani perawatan ketika itu, Zul tidak memiliki gejala serius. Bahkan, keberadaan kunci gembok yang sudah masuk ke bagian lambung dianggap tidak terlalu berbahaya, hanya butuh pengawasan ekstra.

Meski demikian, tim Dokmaru (Dokter Masuk Rumah) tetap melakukan observasi dan memeriksa kesehatan Zul secara intensif.

(orb/orb)