Strategi TNI Jaga Ketahanan Pangan di Wilayah Bogor Raya

Strategi TNI Jaga Ketahanan Pangan di Wilayah Bogor Raya

Siti Fatimah - detikJabar
Minggu, 25 Sep 2022 18:07 WIB
Demi menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi COVID-19 yang terjadi di Kota Bandung, sejumlah petani padi menggarap sawah ditengah pandemi COVID-19.
Ilustrasi (Foto: Wisma Putra)
Sukabumi -

Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana Brigjen TNI Rudy Saladin turut menyoroti ancaman krisis pangan dunia. Dia mengatakan, ketahanan pangan juga menjadi tugas pokok TNI AD di kesatuan kewilayahan.

Rudy menyebut, TNI AD memiliki strategi untuk menjaga ketahanan pangan yakni dengan memanfaatkan lahan tidur atau tidak produktif menjadi lahan yang ditanami kebutuhan pangan pokok salah satunya padi dan jagung. Setidaknya ada ratusan hektar tanah di wilayah Bogor Raya termasuk Sukabumi dan Cianjur yang sudah dimanfaatkan.

"Untuk lahan-lahan di wilayah Bogor Raya kita di wilayah Kabupaten Cianjur sudah sekitar 100 hektar. Di daerah Palangpang juga kita baru tanam sekitar 10 hektar, ada juga kerjasama di daerah Cikembar kurang lebih 500 hektar kita tanami jagung," kata Rudy di Kota Sukabumi, Minggu (25/9/2022).


"Jadi berbagai upaya sudah kita lakukan bekerjasama tentunya dengan Pemda setempat, dengan dinas-dinas terkait termasuk untuk pengadaan pupuk, bibit sampai dengan terakhir bagaimana kita off take hasil panen sudah kita upayakan semua," sambungnya.

Dia mengatakan, pendampingan yang dilakukan oleh satuan Kodim itu diharapkan bisa membantu upaya dari hulu ke hilir untuk mewujudlan ketahanan pangan.

Mantan ajudan Presiden Joko Widodo ini juga menyebut, semaju apapun negara agraris tetap kurang elok jika meninggalkan sektor pertanian. Dia meminta kepada masyarakat untuk turut mendukung program pemerintah dalam menghindari ancaman krisis pangan.

"Seperti yang tadi saya singgung sedikit, semaju apapun, se-berkembang apapun satu wilayah karena kita negara agraris sebaiknya tidak meninggalkan sektor pertanian. Saya titip ke seluruh masyarakat apa yang sudah diupayakan oleh Pak Wali Kota berikut Forkopimda melibatkan Dandim dan Kapolres juga tolong dibantu untuk mempertahankan lahan," kata Rudy.

Di Kota Sukabumi sendiri, Rudy menghadiri panen raya padi dalam rangka Hari Tani Nasional. Setidaknya hasil panen musim ini, ada 76,22 ton kering dari lahan LP2B seluas 7,6 hektare.

"Ini juga sesuai dengan program dari Angkatan Darat kita pasca pandemi ini bagaimana caranya upaya-upaya real jajaran TNI angkatan darat, khusus teritorial untuk membantu Pemda dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan," tutupnya.



Simak Video "BMKG Beberkan Strategi Hadapi Perubahan Iklim, Perkuat Ketahanan Pangan Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)