Pemprov Jabar Ingin BIJB Kertajati Layani Lagi Penerbangan Domestik

Pemprov Jabar Ingin BIJB Kertajati Layani Lagi Penerbangan Domestik

Rifat Alhamidi - detikJabar
Minggu, 25 Sep 2022 15:20 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati jadi bengkel pesawat.
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati (Foto: Erick Disy Darmawan)
Bandung -

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati diproyeksikan bisa melayani penerbangan internasional perdana setelah pandemi COVID-19. Pada November 2022, bandara terbesar kedua di Indonesia itu ditarget bakal melayani penerbangan ribuan jemaah umrah ke Arab Saudi.

Sekda Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, selain untuk penerbangan internasional, Pemprov Jabar juga meminta BIJB Kertajati nantinya bisa melayani penerbangan domestik. Pemprov ingin pesawat-pesawat jet maupun propeller atau pesawat baling-baling yang melayani rute penerbangan domestik bisa dikembalikan dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati.

"Kita sudah mengirimkan surat ke Menteri Perhubungan bahwa untuk pesawat-pesawat jet dan propeller yang tadinya mendarat di Husein itu dikembalikan ke Kertajati," kata Setiawan, Minggu (25/9/2022).


Setiawan menjelaskan, pesawat jet dan propeller itu sebelumnya beroperasi di Kertajati. Namun selama pandemi COVID-19, penerbangan domestik menggunakan pesawat tersebut kini dialihkan ke Bandara Husein Sastranegara hingga sekarang.

Setiawan pun menginginkan pesawat-pesawat itu bisa kembali mengudara di BIJB Kertajati. Sehingga, bandara yang mengalami nasib 'mati suri' tersebut nantinya bisa ramai kembali oleh penerbangan-penerbangan domestik maupun mancanegara.

"Sebelumnya memang Kertajati sudah diberikan untuk mendaratkan pesawat-pesawat jet maupun propeller. Cuman karena COVID, kemarin kemudian dibalikin lagi ke Husein. Dan sekarang kami minta balikan lagi ke Kertajati," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka diprediksi bakal bangkit dari 'mati suri' dalam waktu dekat. Pasalnya, bandara tersebut kini resmi menjadi entry poin atau pintu masuk perjalanan luar negeri.

Disahkannya BIJB Kertajati sebagai pintu masuk perjalanan luar negeri itu, ditetapkan Satgas COVID-19 melalui Surat Edaran (SE) nomor 25 tahun 2022 serta diperkuat Instruksi Mendagri (Inmendagri) nomor 42 tahun 2022 dan SE Menhub nomor 88 tahun 2022.

Aktivitas di bandara terbesar kedua di Indonesia tersebut akan diawali dengan pelayanan penerbangan umroh. Rencananya, penerbangan umroh akan dilaksanakan November 2022 mendatang.



Simak Video "Bandara Kertajati Jadi Pintu Masuk Perjalanan Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(ral/dir)