Sandiaga Uno Optimis Sektor Pariwisata Bisa Pulihkan Ekonomi RI

Sandiaga Uno Optimis Sektor Pariwisata Bisa Pulihkan Ekonomi RI

Ikbal Selamet - detikJabar
Kamis, 22 Sep 2022 16:51 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan ke Situs Gunung Padang Cianjur.
Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan ke Situs Gunung Padang Cianjur. (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar)
Cianjur -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno optimis sektor pariwisata bisa menghindarkan Indonesia dari ancaman inflasi dan resesi.

Dia menyebut jika saat ini Indonesia dibayangi ancaman inflasi. "Bahkan bank dunia menyebut ada potensi resesi juga," ungkap Sandiaga saat mengunjungi Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya kunjungan pariwisata di Indonesia meningkat sekitar 30 persen pascapandemi COVID-19. Hal itu pun diklaim menjadi bukti model kebangkitan.


"Ini model kebangkitan yang sudah terbukti, dimana destinasi andalan bisa meningkatkan perekonomian. Jadi ini jawaban kita untuk beberapa kendala yang dihadapi, termasuk ancaman inflasi serta potensi resesi," kata dia.

Dia menambahkan sektor pariwisata juga dapat mengambil peran dalam target penyediaan 1,1 juta lapangan pekerjaan.

Diantaranya dengan menggenjot penataan desa wisata, dimana salah satunya kalah Situs Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka. "Saya juga optimis desa wisata bisa mengambil peran dalam membuka 1,1 juta lapangan kerja baru," tegasnya.

Dalam kunjungannya ke Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, Sandiaga Uno juga memberikan anugerah karena situs megalitikum tersebut masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Sandi menjelaskan setiap destinasi yang masuk 50 besar akan mendapat pendampingan, pemberian permodalan, pembiayaan, hingga pemasaran dari pemerintah pusat.

"Kita juga mendorong agar pariwisata ini berbasis CHSE atau Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan). Sehingga terbentuk pariwisata berkualitas yang berkelanjutan. Dengan begitu kebangkitan ekonomi melalui sektor wisata bisa terwujud," kata dia.

(iqk/iqk)