Jabar X-Files: Jejak Misterius Puluhan UFO Melintasi Langit Bandung

Jabar X-Files: Jejak Misterius Puluhan UFO Melintasi Langit Bandung

Bima Bagaskara - detikJabar
Senin, 19 Sep 2022 15:00 WIB
Benda Asing di Bandung
Benda Asing di Bandung (Foto: tangkapan layar video viral)
Bandung -

Pagi itu sekitar pukul 08.30 WIB, sejumlah pekerja di proyek bangunan di kawasan Pasirkaliki, Kota Bandung sedang bersiap untuk memulai pekerjaannya. Mereka mulai menyiapkan segala peralatan masing-masing.

Mereka pun mulai mengerjakan proyek bangunan dengan memasang steger, alat berbentuk ruas-ruas yang digunakan untuk menyangga konstruksi bangunan. Steger pun disusun oleh para pekerja.

Pekerja yang sedang melaksanakan tugasnya fokus untuk membuat steger itu. Namun tiba-tiba, fokusnya teralihkan. Matanya kemudian memandang ke arah langit yang sedang cerah saat itu.


Di langit itu, pekerja tersebut melihat sebuah benda yang terbang layaknya layang-layang, namun belum pernah ia lihat sebelumnya. Terheran-heran, pekerja itu memanggil temannya, Irman.

Irman diberi tahu jika ada sebuah benda asing yang terbang di atas lagi. Irman spontan mengambil smartphone miliknya, membuka kamera dan merekam benda di langit itu.

Irman yang penasaran terus merekam benda asing itu dan mengira awalnya benda itu adalah drone hingga burung liar yang bebas beterbangan. Namun ternyata bukan. Video hasil rekaman Irman pun viral dan bikin heboh warga Bandung.

"Dia memberitahu saya, ada yang aneh di atas. Pas saya lihat kok banyak gitu ya, bendanya seperti apa. Kalau drone tidak mungkin, burung juga tidak seperti itu bergerombol terus jauh, sampai kelihatan jauh itu warnanya putih," kata Irman, Kamis (29/7/2021).

Irman yang penasaran menceritakan, dirinya terus merekam benda di langit pagi itu. Irman pun menebak-nebak benda apa sebenarnya yang ia lihat di atas kepalanya.

Ia ingat jika benda itu memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada yang bulat bahkan lonjong tak beraturan. Selain itu, benda asing tersebut kata dia juga berkelap-kelip layaknya kunang-kunang di malam hari.

Irman menuturkan benda asing berkelip itu berjalan perlahan melintasi Jalan Dr Rum yang menjadi lokasi proyek bangunan di tempatnya bekerja.

"Yang saya lihat bendanya itu sempat berhenti dulu, kalau drone jalannya seimbang jalannya, kalau ini terbangnya kaya berhenti terus jalan lagi, makanya saya aneh," tutur Irman.

Benda asing di langit Bandung (warna putih)Benda asing di langit Bandung (warna putih) Foto: tangkapan layar viral

Rupanya benda asing yang terbang di langit Bandung itu bukan yang pertama kali terlihat. Sehari sebelumnya seorang saksi mata bernama Arman mengaku melihat benda kelap-kelip itu.

Namun seingat Arman, benda yang ia lihat di langit itu tidak sebanyak dengan video yang direkam Irman viral dan menghebohkan warga.

"Kemarin sempat ada benda yang mirip, terbangnya juga begitu. Tapi jumlahnya enggak banyak kayak tadi pagi, cuma satu," ujar Arman.

Kemunculan benda asing di langit Bandung membuat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) turun tangan. Mereka memeriksa hasil rekaman video yang beredar, termasuk yang direkam Irman.

Dari hasil pemeriksaan, Kepala Lapan Thomas Djamaluddin memastikan benda tersebut bukanlah benda antariksa.

"Tidak. Dari video yang sekilas itu konfigurasinya berubah. Jadi tidak mungkin benda antariksa," ucap Thomas kepada detikcom, Jumat (30/7/2021).

Menurut Thomas, berdasarkan konfigurasinya itu benda yang muncul dalam video tersebut berubah. Sedangkan karakteristik benda antariksa konfigurasinya tetap.

"Misalkan starlink, itu konfigurasinya tetap dan saya kira tidak sebanyak itu. Starlink juga satelit yang diluncurkan space-x itu kan biasanya teramati sesudah matahari terbenam dan sebelum matahari terbit. Jadi itu bukan benda antariksa," kata dia.

Berdasarkan pengamatan Lapan, kata Thomas, kemungkinan benda yang berterbangan tersebut merupakan sejenis balon.

"Jadi kemungkinan seperti objek balon yang dilepas. Kumpulan balon. Perlu dicari apakah ada acara pagi itu," tuturnya.

Benda asing yang berkelap-kelip di langit Bandung itu ternyata juga sempat muncul di Meksiko, tepatnya di Nezahualc├│yotl. Hal tersebut diketahui lewat unggahan akun instagram @betaufo pada 18 Juni 2020 lalu.

Dalam keterangannya disebutkan, objek berwarna putih yang jumlahnya berkisar puluhan itu sering terlihat di sekitar Amerika Utara. Dalam video yang merupakan unggah ulang itu juga terlihat objek terbang misterius juga berkelap-kelip.

Ilustrasi diculik alienIlustrasi alien (Foto: dok Wallpapercave)

Kemunculan benda asing rupanya juga menarik perhatian komunitas pemerhati UFO, BETA UFO Indonesia. Mereka melakukan penelusuran dengan mewawancarai saksi-saksi dan mengumpulkan footage penampakan benda asing tersebut.

Kepada detikcom, Sabtu (31/7/2021), Pengurus BETA UFO Indonesia Fan Fan Darmawan mengatakan cukup sulit untuk menyimpulkan soal kepastian benda apa yang terbang di langit Bandung itu. Menurutnya ada dua kemungkinan yang bisa ditelusuri untuk menjawab misteri tersebut.

"Pertama, kemungkinan benda tersebut adalah balon dari sebuah upacara atau perayaan yang dilepas ke udara. Terdengar masuk akal meski di periode PPKM apakah ada upacara yg melibatkan pelepasan puluhan balon?" kata Fan Fan.

"Kedua, jarak dari lokasi peristiwa, ke Lanud Husein dan pangkalan AU Husein sekitar 2 atau 3 km saja. Jadi asumsi bahwa ini adalah bagian aktivitas AU, masih memungkinkan," ujarnya melanjutkan.

Fan Fan mengatakan, pihaknya menemukan ada enam orang yang menyaksikan peristiwa yang terjadi sekitar jam 08.30 itu. Para saksi merupakan pekerja di proyek bangunan sebuah hotel. Dari hasil wawancara ia menemukan bahwa saksi mata merupakan orang yang jujur dan tak memiliki tendensi untuk mencari sensasi.

"Untuk sampai pada kesimpulan apakah benda terbang tersebut adalah UFO atau benda lain yang bisa dijelaskan, tidak akan saya paksakan saat ini," tuturnya.

Terkait video yang beredar, ia memastikan tidak ada proses editing atau manipulasi digital dari video yang diedarkan oleh saksi. Namun sayangnya, ujar Fan Fan, saking terpesonanya saksi menyaksikan objek yang terbang tersebut, sehingga tidak ada yang langsung berinisiatif merekam video sejak menit pertama.

"Video lima detik yang diambil tergesa gesa, hanya menyisakan objek yang akhirnya tertutup bangunan dari posisi merekam. Ini yang membuat publik akan mudah sekali mengabaikan dokumentasi video tersebut," katanya.

"Apakah itu UFO atau hal lain yang bisa dijelaskan, semua terbuka dan berhak mengambil kesimpulan dalam peristiwa ini. Lagi pula, apa menariknya jika semua hal terkait fenomena UFO bisa mudah terjawab?" ujar Fan Fan.

(bba/yum)