Pemkab Ciamis Kaji Perubahan Nama Jadi Kabupaten Galuh

Pemkab Ciamis Kaji Perubahan Nama Jadi Kabupaten Galuh

Dadang Hermansyah - detikJabar
Rabu, 14 Sep 2022 13:24 WIB
Galuh dari masa ke masa.
Galuh dari masa ke masa (Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar).
Ciamis -

Pemerintah Kabupaten Ciamis serius dengan rencana mengganti nama menjadi Kabupaten Galuh. Meski wacana mengembalikan nama Galuh tersebut sudah terdengar sejak lama hingga bertahun-tahun namun belum terwujud.

Galuh adalah sebuah nama kerajaan yang besar yang berkedudukan di wilayah Ciamis. Sehingga masyarakat Ciamis berhak untuk memakai nama Galuh tersebut sebagai pewarisnya. Dorongan masyarakat untuk mengembalikan nama Galuh pun terus disuarakan.

Sekarang, di tahun 2022, Pemkab Ciamis sudah melakukan kajian sebagai salah satu tahapan untuk proses penggantian nama tersebut.


Bupati Ciamis Hediat Sunarya menyebut untuk mewujudkan hal itu, pihaknya telah melakukan kajian-kajian. Mengingat penggantian nama Ciamis jadi Galuh perlu proses dan tahapan.

"Tahun 2022 ini kami sudah melakukan kajian. Ciamis akan berganti jadi Galuh. Semoga dengan waktu yang tidak terlalu lama, Ciamis akan kembali ke Galuh," ujar Herdiat, Rabu (14/9/2022).

Herdiat mengatakan sebagai pewaris leluhur, nama Galuh sudah ada dalam hati semua warga. Untuk itu, Herdiat meminta doa dan dukungannya untuk kelancaran prosesnya.

"Sudah terpatri dalam hati kita, harus punya semangat kebersamaan dan membangun Galuh ini agar lebih baik dan sejahtera," ungkapnya.

Sementara itu, Kadisbudpora Ciamis Erwan Darmawan mengatakan pihaknya telah melakukan proses kajian. Tak hanya itu, ia pun akan mempelajari kepada daerah lain yang sebelumnya telah melakukan penggantian nama daerah.

Dalam waktu dekat, Disbudpora Ciamis pun akan melakukan forum grup diskusi (FGD) dengan tokoh, budaya dan pihak lainnya. Dalam FGD tersebut salah satunya akan membahas hasil kajian.

Dalam mengganti Kabupaten Ciamis jadi Galuh ini tentunya harus memikirkan berbagai faktor dan dampak. Mengingat pergantian ini berkaitan dengan nomenklatur. Tak sedikit ada pihak yang memang sudah menggunakan nama Ciamis yang berkaitan dengan usaha dan hal lainnya. Seperti sebuah produk UMKM yang dikenal dengan nama Ciamis dalam memasarkannya.

"Tentu kita serius dengan rencana penggantian nama Ciamis jadi Galuh ini. Kita akan segera melakukan FGD untuk membicarakan penggantian nama Galuh," ujarnya.

(mso/mso)