Dinkes Tasik Masih Tunggu Hasil Lab Pasien Dicurigai Cacar Monyet

Dinkes Tasik Masih Tunggu Hasil Lab Pasien Dicurigai Cacar Monyet

Faizal Amiruddin - detikJabar
Senin, 12 Sep 2022 17:21 WIB
Ilustrasi penyakit cacar monyet.
Ilustrasi Cacar Monyet (Foto: Shutterstock)
Tasikmalaya -

Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium terkait pasien di RSUD dr Soekardjo yang memiliki gejala mirip cacar monyet alias monkey pox.

"Belum masih menunggu hasil lab, masih suspect," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat, Senin (12/9/2022).

Uus mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim ke lingkungan tempat tinggal pasien di wilayah Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya untuk melakukan penyelidikan. "Tim masih di lapangan, karena banyak data yang harus dikumpulkan," kata Uus.


Penelusuran itu diarahkan untuk memetakan lokasi rumah pasien, kontak erat serta riwayat perjalanan termasuk apakah pasien ada kontak dengan hewan peliharaan atau hewan liar.

"Penelusuran terkait lokasi rumah, kontak erat dan riwayat perjalanan. Lalu apakah di rumahnya ada peliharaan hewan atau habis bepergian dari tempat yang memungkinkan ada hewan," kata Uus.

Menurut Uus, virus cacar monyet ini tidak hanya ditularkan melalui monyet saja, tapi kemungkinan juga ditularkan lewat jenis hewan lain seperti unggas dan lainnya.

Cacar monyet atau monkey pox merupakan penyakit berbahaya karena jika tak tertangani bisa menyebabkan kematian. "Cacar monyet memang berbeda, jika tak ditangani bisa fatal. 1 dari 10 penderita cacar monyet meninggal dunia," kata Uus.

Terkait gejala cacar monyet pun, menurut Uus ada perbedaan dari cacar biasa. Diantaranya adalah luka cacar yang tersebar di hampir seluruh bagian tubuh. "Bisa di seluruh tubuh cacarnya, bahkan di telapak tangan pun bisa muncul," kata Uus.

Gejala lainnya adalah terjadinya pembesaran atau pembengkakan kelenjar getah bening. Dua gejala itu pun terjadi pada pasien perempuan 16 tahun yang saat ini diisolasi di RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya. "Iya diisolasi karena mengarah, ada pembesaran kelenjar getah bening," kata Uus.

Selain bisa mematikan, penyakit cacar monyet ini juga memiliki masa inkubasi yang lama, bisa sampai satu bulan. "Ciri lainnya masa inkubasi cacar monyet relatif lama, bisa antara 2 sampai 4 minggu," kata Uus.

(iqk/iqk)