Tembak Mati Kucing di Sesko TNI, Brigjen NA Dimutasi!

Tembak Mati Kucing di Sesko TNI, Brigjen NA Dimutasi!

Tim detikNews - detikJabar
Jumat, 02 Sep 2022 14:57 WIB
Penembakan kucing di Sesko TNI sempat menghebohkan dunia maya. Sebuah video viral menunjukkan penemuan bangkai kucing di wilayah Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat.
Kucing yang ditembak mati di Sesko TNI Bandung. (Foto: Tangkapan Layar Video)
Jakarta -

Brigjen Marinir Nuri Andrianis Djatmika (Brigjen NA) dimutasi usai kasus menembak mati kucing di kompleks Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, Kota Bandung. Kejadian penembakan kucing itu berlangsung pertengahan Agustus 2022.

Sekadar diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi 109 perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). Dari ratusan pati tersebut, terselip nama Brigjen NA, pejabat Sesko TNI.

Brigjen NA dimutasi dari jabatan Dankorsis Sesko TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI. Dilansir detikNews, Jumat (2/9/2022), berdasarkan dokumen Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/818/VIII/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, nama Brigjen NA berada di urutan ke-91 daftar pati yang dimutasi.


Jabatan Dankorsis Sesko TNI yang baru diisi Marsma Bonang Bayuaji. Bonang sebelumnya menjabat Dandenma Mabes TNI.

Video menampilkan sejumlah kucing mati viral di media sosial pada pertengahan Agustus 2022. Kejadian kucing mati ditembak itu disebutkan lokasinya di Sesko TNI, Kota Bandung.

Informasi tersebut disorot Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Andika memerintahkan timnya untuk mengusut kabar kucing ditembak di kompleks Sesko TNI.

"Saya telusuri sekarang. Saya sudah perintahkan tim hukum untuk telusuri berita di atas," kata Andika kepada detikcom, Rabu (17/8).

Pusat Penerangan (Puspen) TNI mengumumkan hasil penyelidikan tim hukumnya. Pelaku penembakan kucing-kucing liar tersebut adalah seorang perwira tinggi berpangkat brigjen.

"Menindaklanjuti perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kemarin siang (Rabu 17 Agustus 2022) untuk menyelidiki dugaan penganiayaan terhadap beberapa ekor kucing di lingkungan Sesko TNI, Bandung, tadi malam Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA (anggota organik Sesko TNI) telah menembak beberapa ekor kucing," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/8).

Prantara mengungkapkan Brigjen NA menembak kucing-kucing tersebut dengan senapan angin. Insiden penembakan kucing itu dilakukan Brigjen NA pada Selasa (16/8) siang.

"Menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang kemarin (16 Agustus 2022), sekitar jam 13.00 WIB," kata Prantara.

Alasan pelaku menembaki kucing-kucing tersebut adalah ingin menjaga kebersihan. "Berdasarkan pengakuannya, Brigjen TNI NA melakukan tindakan ini dengan maksud menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal/tempat makan perwira siswa Sesko TNI dari banyaknya kucing liar. Dan bukan karena kebencian terhadap kucing," ujar Prantara.

(bbn/bbn)