Suara Komunitas Pecinta Hewan Sesalkan Penembakan Kucing di Bandung

Suara Komunitas Pecinta Hewan Sesalkan Penembakan Kucing di Bandung

Bima Bagaskara - detikJabar
Minggu, 21 Agu 2022 15:59 WIB
Aksi damai penolakan penganiayaan terhadap binatang di Taman Cikapayang, Kota Bandung
Aksi damai penolakan penganiayaan terhadap binatang di Taman Cikapayang, Kota Bandung (Foto: Bima Bagaskara)
Bandung -

Puluhan aktivis, pemilik, hingga pecinta hewan berkumpul di Taman Cikapayang, Kota Bandung pada Minggu (21/8/2022) pagi. Di sana, mereka menyuarakan penolakan penganiayaan terhadap binatang.

Dari pantauan detikJabar, kegiatan bertajuk 'Aksi Damai Menolak Pembantaian Ratusan Kucing Di Sesko TNI - Bandung' ini dilakukan oleh puluhan orang yang berasal dari Animal Hope Shelter dan Komunitas Clow.

Mereka menggelar aksi tersebut dengan membentangkan spanduk di persimpangan Jalan Dago. Sembari membentangkan spanduk, mereka juga membagikan permen dan stiker kepada pengguna jalan.


Tidak hanya itu, salah seorang perwakilan dari mereka juga berorasi dengan menggunakan pengeras suara. Para pecinta binatang ini meminta pelaku pembantaian kucing di Sesko TNI Bandung beberapa waktu lalu dihukum seberat-beratnya.

"Kami sangat menyesalkan dengan aksi penembakan yang dilakukan Brigadir NA yang sudah dengan sangat kejam melakukan pembantaian (kucing)," kata Founder Animal Hope Shelter Cristian Joshua.

"Yang membuat kami tambah menyayat hati ancaman hukuman yang akan dikenakan sangat ringan tidak sebanding dengan apa yang dia lakukan secara kejam dan sadar, ancaman hanya 1 bulan penjara," ujarnya menambahkan.

Cristian mendesak agar kejadian serupa tak terulang lagi dan meminta pemerintah segera membentuk undang-undang khusus perlindungan hewan.

"Kami akan mendesak agar kejadian kemarin ini jangan terjadi lagi, negara kita sedang tidak baik, kekerasan pada hewan tinggi sudah kritis pemerintah harus mengambil sikap khususnya UU perlindungan hewan," tegasnya.

(bba/iqk)