Kala Aktor Hollywood Turun Gunung Cari Bibit Artis di Garut

Hakim Ghani - detikJabar
Senin, 29 Agu 2022 18:30 WIB
Cecep Arif Rahman
Aktor Cecep Arif Rahman (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Para sineas terkenal asal Garut turun gunung mencari bibit-bibit unggul yang berpotensi menjadi artis film nasional melalui perlombaan film.

Seperti yang dilakukan Cecep Arif Rahman. Setelah sukses menjadi pemeran film, baik di tanah air hingga merambah hollywood, Cecep kembali ke Garut untuk mencari potensi di daerah kelahirannya.

Bersama para pesohor lain asal Garut, yakni Epy Kusnandar dan sutradara Aris Nugraha, Cecep blusukan membantu para pecinta seni peran asal Garut untuk bisa menjadi profesional.


Salah satu caranya, dengan membuat perlombaan film tingkat daerah bertajuk Lomba Video Agustus (Love Agus) yang digelar belum lama ini. Melalui lomba film tersebut, Cecep dan kawan-kawan mengasah kemampuan para sineas lokal untuk unjuk gigi.

"Tujuannya tentu agar teman-teman di Garut bisa lebih berkembang dalam dunia perfilman," katanya.

Cecep, Epy dan Aris bertindak sebagai dewan penasihat dalam proyek perlombaan video tingkat daerah yang diselenggarakan Garut Film Forum (GFF) tersebut. Mereka yang memberikan masukan dan memantau talenta para peserta.

"Di Garut ini teman-teman punya potensi yang luar biasa. Hanya saja memang pendukungnya yang kurang," katanya.

Ardi, salah seorang penyelenggara Love Agus mengatakan, dalam acara tahunan ini, tercatat ada sejumlah pelaku perfilman asal Garut yang berhasil menembus pasar film dan sinetron nasional. Salah satunya Delisa Herliana yang menjadi salah satu pemeran di sebuah sinetron yang ditayangkan di salah satu televisi swasta.

"Potensinya sangat besar, bahkan sudah ada beberapa jebolan dari sini yang sekarang sudah bisa main di nasional. Apalagi, di tahun kedua ini, pesertanya berasal dari Jawa Barat. Jadi lebih banyak potensi yang bisa terlihat," kata Ardi menambahkan.

Garut sendiri dianggap sangat cocok untuk menjadi sentra perfilman di tanah air. Sebab, selain memiliki sumber daya manusia yang bisa dilatih dan diarahkan untuk menjadi profesional, Garut juga punya sumber daya alam yang juara.

"Di Garut ini bisa digunakan tempat syuting karena alamnya mendukung. Kalau pengambilan gambarnya bagus bakal menjadi luar biasa," pungkas Cecep.

(iqk/iqk)