Dear Pelajar, Ikut Lomba Piala Gubernur Jabar Yuk!

Yudha Maulana - detikJabar
Sabtu, 20 Agu 2022 00:21 WIB
Piala Gubernur Jabar
Piala Gubernur Jabar (Foto: istimewa)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menginisiasi "Piala Gubernur Jabar, Pelajar Juara" bagi seluruh pelajar SMA/SMK/SLB se-Jawa Barat. Lewat kegiatan ini, Kang Emil sapaan akrabnya, ingin mengasah potensi kemampuan anak muda dalam hal bidang seni budaya dan olahraga.

Selama ini, ujar Kang Emil, belum banyak kompetisi resmi yang mewadahi berbagai minat dan bakat siswa. Padahal, saat ini bermunculan pelaku profesi unik seperti konten kreator, comica stand up comedy, make up artist dan profesi non-akademik lainnya yang sukses.

"Piala Gubernur ini untuk memacu sekaligus mengasah kemampuan anak anak SMA, SMK dan SLB se Jawa Barat untuk bisa meningkatkan kreativitas anak-anak muda sehingga tentu harapannya lewat kegiatan ini pun bisa menyalurkan kemampuan dan bakatnya secara positif," ujar Kang Emil dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/8/2022).


Piala Gubernur Jabar Pelajar Juara terdiri dari 21 jenis kompetisi yaitu, freestyle bola, pencak silat, virtual run 5 km, dan skateboard untuk bidang olahraga. menyanyi solo, paduan suara, musik tradisional, tari tradisional, teater, kabaret, dan modern dance untuk bidang kesenian. Sinematografi, fotografi, stand up comedy, comic strip, modelling, creative makeup art, creative content creator, dan news anchor untuk bidang bakat talenta. Sedangkan untuk bidang organisasi terdiri dari OSIS Juara dan Paskibra.

Ajang ini akan digelar secara daring (online) untuk mewadahi bakat dan talenta pelajar SMA/SMK/SLB di Jabar. Ia menekankan ajang diharapkan bisa memacu prestasi non-akademis dari para pelajar di Jabar. Ajang ini juga merupakan program dari Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar).

Sebagai informasi, bagi siswa/siswi SMA/SMK/SLB se-Jawa Barat yang berminat mengikuti Piala Gubernur Pelajar Juara dapat mendaftar melalui laman www.pialapelajarjuara.com atau akun instagram @pialapelajarjuara Batas pendaftaran dan pengumpulan karya diunggah secara daring (online) hingga 28 Agustus 2022. Hasil karya yang disubmit akan melalui penjurian oleh para juri ahli di setiap bidangnya.

(yum/yum)