Yuk Uji Emisi Gratis di Balai Kota Bandung

Jonathan Sopamena - detikJabar
Rabu, 27 Jul 2022 12:55 WIB
Uji emisi gratis.
Foto: Uji emisi gratis di Balai Kota Bandung (Jonathan Sopamena/detikJabar).
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung menggelar kegiatan uji emisi secara gratis. Pelaksanaan uji emisi gratis itu digelar di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, mulai 27 Juli hingga 28 Juli 2022.

Kegiatan uji emisi gratis itu, dibuka langsung oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Dia juga ikuti melakukan uji emisi terhadap kendaraannya.

"Dilakukan uji emisi karena nanti per 8 Agustus itu seluruh kendaraan yang masuk area Balai Kota itu harus yang sudah memiliki stiker lulus uji emisi," ucap Yana, Rabu (27/7/2022).


"Kalau nggak ada stikernya, nggak boleh masuk dan parkir di area Balai Kota," katanya.

Kendaraan yang wajib memiliki stiker uji emisi untuk bisa masuk ke kawasan Balai Kota Bandung per 8 Agustus adalah kendaraan roda empat atau mobil. Sedangkan, kendaraan roda dua atau motor masih diperbolehkan masuk tanpa memiliki stiker.

Kegiatan uji emisi gratis yang berlangsung selama dua hari ini dibuka untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan umum. Yana menyatakan bahwa targetnya, sebanyak-banyaknya kendaraan dapat melakukan uji emisi gratis ini.

"Kalau bisa mah, se-Bandung!" ucapnya dengan semangat.

Yana menyatakan bahwa Pemerintah Kota Bandung akan secara bertahap menambah kawasan-kawasan emisi bersih di berbagai titik di Kota Bandung. Dia juga berpesan bagi masyarakat Kota Bandung untuk segera melakukan uji emisi.

"Bagi para warga, ikuti atau lakukan uji emisi di Balai Kota selama dua hari ini atau di bengkel-bengkel terdekat supaya dinyatakan lulus uji emisi. Sehingga, kita bisa bersama-bersama menjaga kualitas udara kita lingkungan Kota Bandung, menjadi semakin baik, untuk kebaikan kita semuanya," tutup Yana.

Sementara itu, Tatang Rukmana, Penguji Angkatan dan Sarana menjelaskan proses uji emisi tidak berlangsung lama. Dia memperkirakan hanya 2 jam proses uji emisi sudah selesai.

"Kalau dibilang sih mungkin jam 2 sudah beres, karena ini juga sudah mulai sepi. Kalau dari pagi tadi mah ramai pisan, sampai keluar antrenya," ucapnya.

Salah satu penguji dari Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH), Fariq menyatakan bahwa hingga pukul 10.45 WIB terdapat 118 mobil yang sudah melakukan uji emisi. Kendati demikian, terdapat beberapa mobil yang tidak lulus uji emisi.

"Ada, tiga (3) mobil yang tidak lulus dari total 118 (mobil yang sudah di uji)," ujarnya.

(mso/mso)