Fokus Ridwan Kamil di Sisa Setahun Masa Jabatan

Sudirman Wamad - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 12:58 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Sudirman Wamad/detikJabar)
Bandung -

Masa jabatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil setahun lagu rampung. Ridwan Kamil mengaku masih banyak 'pekerjaan rumah' untuk membangun Jabar.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan pembangunan infrastruktur jalan menjadi salah satu yang ia fokuskan menjelang masa jabatannya berakhir. Sebab orang nomor satu di Jabar ini tak menampik banyak menerima laporan tentang kondisi jalan rusak.

"Masalah juga masih banyak. Saya lagi memastikan salah satunya infrastuktur jalan, ya jalan mulus. Itu kan banyak komplain karena uangnya hilang selama COVID-19," kata Kang Emil usai hadiri rapat paripurna Hari Jadi ke-77 Jabar di DPRD, Jumat (19/8/2022).


Ia mengaku selama dua tahun Pendapat Asli Daerah (PAD) Jabar menyusut karena pandemi COVID-19. Sebelumnya, ia menyebutkan pada tahun 2020 Pemprov Jabar kehilangan Rp 5 triliun. Kemudian tahun 2021 hilang Rp 4,7 triliun.

"Dua tahun akan dikembalikan, sehingga di akhir jabatan saya, insyaallah jalan rapi," ucap Kang Emil.

Kang Emil juga mengatakan selama menjabat menerima 345 penghargaan, baik nasional maupun internasional. Selain itu, ia menyebut, adanya peningkatan desa mandiri, dan jumlah desa yang tertinggal sudah tak ada lagi.

"Kemiskinan turun, pengangguran turun," ucap Kang Emil.

Sementara itu, dari data BPS, pada 2021 ruas panjang jalan kewenangan Pemprov Jabar mencapai 2.360,60 kilometer. Jelang Idulfitri tahun 2022, Kang Emil melakukan perbaikan ruas jalan provinsi yang rusak. Perbaikan dilakukan di 12 daerah, beberapa di antaranya jalur mudik.

(sud/orb)