Seru! Bupati dan Kapolres Sumedang Beradu Layangan

Nur Azis - detikJabar
Kamis, 18 Agu 2022 15:33 WIB
Keseruan Bupati dan Kapolres Sumedang Adu Layangan Semarakan Perayaan HUT ke-77 RI
Keseruan Bupati dan Kapolres Sumedang Adu Layangan Semarakan Perayaan HUT ke-77 RI (Foto: Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Adu layangan antara Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan menyemarakan pembukaan lomba kaulinan masyarakat dalam perayaan HUT ke-77 RI Tingkat Kabupaten Sumedang di lapangan Pusat Pemerintahan Sumedang, Kamis (18/8/2022).

Secara spontan, keduanya beradu layangan untuk memeriahkan gelaran lomba. Seolah mengingat masa kecilnya, gerakan tarik ulur benang layangan pun diperagakan keduanya saat menerbangkan layangan.

Pada babak pertama, tarikan benang dari Bupati Dony tidak bisa memutus layangan Kapolres Indra yang memilih bertahan. Malah sebaliknya, layangan milik Bupati putus setelah bermanuver hendak memutus benang layangan milik Kapolres Indra.


Sementara pada babak kedua, Layangan Kapolres Indra yang memilih tetap bertahan akhirnya dapat diputuskan oleh layangan milik Bupati setelah melakukan manuver dari bawah. Hingga pada akhirnya, skor pun 2-1 untuk kemenangan Bupati Dony.

"Ini Kapolres memakai strategi catenaccio (istilah Italia untuk sistem bertahan dalam sepakbola), sementara saya total football, jadi yang menyerang ternyata bisa kalah sama yang bertahan ala catenaccio Italia, di luar predeksi," ujar Bupati Dony kepada sejumlah wartawan dengan diselingi gelak tawa keduanya.

"Ini saya berkat doanya Pak Bupati," timpal Kapolres Indra dengan gelak tawa yang sama.

Dony mengaku terakhir kali bermain layangan saat dirinya duduk di bangku SMP.

"Terakhir main layangan ya SMP di lapangan," ujar Dony.

Keduanya pun mengaku merasakan keseruan dan nostalgia saat sedang bermain layang-layang.

Sebelumnya, Kapolres Indra mengatakan sejauh ini perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Sumedang berjalan lancar.

"Sampai saat ini tdak ada laporan atau terpantau tidak ada keributan atau kericuhan di Sumedang," terang Indra kepada detikjabar.

Indra menjelaskan, perayaan hari kemerdekaan diharapkan oleh warga dapat dijadikan sebagai momentum untuk bangkit lebih kuat serta pulih lebih cepat.

Terkait hal itu, ia berharap kepada seluruh warga agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat selama melaksanakan perayaan hari kemerdekaan.

"Jadi jika ada kalah menang dalam pertandingan, jangan jadi perselisihan, anggap have fun saja, justru jadikan sebagai ajang kesatuan dan persatuan antar warga," ucapnya.

Sementara itu, Pemkab Sumedang menggelar berbagai lomba kaulinan masyarakat dalam menyemarakan momen HUT ke-77 RI. Lomba-lomba yang digelar diantaranya lomba permainan galah, balap sandal bakiak, tarik tambang, adu layangan dan lomba tradisional lainnya.

(yum/yum)