Gagah! Bendera Merah Putih Sepanjang 1 KM Membentang di Pangandaran

Aldi Nur Fadilah - detikJabar
Kamis, 18 Agu 2022 11:30 WIB
Pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 1 kilometer
Pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 1 kilometer (Foto: Aldi Nur Fadilah)
Pangandaran -

Memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia (RI), ribuan warga Kabupaten Pangandaran turun ke daerah pesisir untuk membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1 kilometer, Kamis (18/8/2022).

Bendera merah putih sepanjang 1 kilometer membentang dari samping cagar alam pantai barat Pangandaran hingga pos 4 Balawista. Kemudian di arak sepanjang 4 km sampai ke pantai timur Pangandaran.

Paskibraka Pangandaran, pelajar, sejumlah warga dan wisatawan turut ikut membentangkan sang saka merah putih. Pembentangan ini pun dipimpin oleh Pembentangan bendera dipimpin Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wabup Ujang Endin bersama istrinya masing-masing.


"Pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 1 kilometer ini pertama kalinya dibentangkan di pantai Pangandaran," kata Jeje kepada wartawan. Kamis (18/8/2022).

Pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 1 kilometerPengibaran bendera Merah Putih sepanjang 1 kilometer Foto: Aldi Nur Fadilah

Jeje mengatakan, dengan pengibaran bendera merah putih ini agar rasa nasionalisme dan semangat tertanam di dada rakyat Pangandaran.

"Kalau dulu para pahlawan mereka berjuang untuk mengibarkan bendera saja siap mengorbankan nyawa. Nilai perjuangan itu yang akan kita ambil, Saat ini warga Pangandaran saya ajak untuk membentangkan Mrah Putih yang gagah ini di pantai Pangandaran. Momentum ini mengajak warga Pangandaran untuk cinta Tanah Air," kata Jeje.

Sepanjang jalan membentangkan bendera, seluruh warga menyanyikan lagu 'Berkibarlah Bendera Negeriku' karya musikus Gombloh.

Selain itu wisatawan, pedagang, dan warga Pangandaran yang berada di tepian pantai ikut menyanyikan lagu tersebut serta tanda penghormatan bagi sang saka Merah Putih.

Jeje berharap tahun depan di sisa masa jabatannya selama dua periode menjadi bupati Pangandaran bisa mengibarkan lebih panjang lagi. "Tahun depan kalau boleh ditambah pembentangannya bisa, sepanjang 91 Km pantai Pangandaran mungkin kita bentangkan," kata Jeje.

(yum/yum)