Ridwan Kamil Klaim Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Jabar

Sudirman Wamad - detikJabar
Rabu, 17 Agu 2022 11:05 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Sudirman Wamad/detikJabar)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil klaim saat ini tak ada lagi desa yang berstatus tertinggal. Tahun 2018, sekitar seribuan desa di Jabar tercatat sebagai desa tertinggal.

"Saya laporkan, 2018 masih terdapat 1000-an desa tertinggal, dan sangat tertinggal. 2022, sekarang ini nol. Tidak ada lagi desa tertinggal, dan sangat tertinggal," kata Ridwan Kamil saat menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah-putih di Lapangan Gasibu, Rabu (17/8/2022).

Selain itu, Ridwan Kamil juga mengatakan sebelumnya hanya sekitar 30 desa yang berstatus mandiri. Selama ia memimpin Jabar, dikatakan Ridwan Kamil, jumlah desa mandiri kini mencapai 1.130.


"Peningkatan kualitas hidup masyarakat desa melalui dimensi Jabar Juara Lahir Batin terus digulirkan. Inklusif antara pembangunan di kota dan pedesaan. Kemudian, membangun command center di daerah, ini bentuk reformasi birokrasi 4.0," kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Kang Emil juga menjelaskan tentang upaya dalam program ketahanan pangan, salah satunya petani milenial. Sebanyak 249 petani milenial telah diwisuda. Diharapkan bisa kembali ke desa, dan membangun desanya.

"Saat ini sudah ada 4.000 lebih desa yang punya penghafal Quran atau hafiz. Bagian dari program satu desa, satu hafiz," kata Kang Emil.

Usai upacara pengibaran bendera merah-putih, Kang Emil langsung melanjutkan agenda lainnya, yakni pelepasan konvoi motor vespa dan rapat virtual detik-detik proklamasi di Gedung Sate.



Simak Video "Beredar Kabar RK Bakal Gabung Golkar, NasDem Singgung Komitmen"
[Gambas:Video 20detik]
(sud/dir)