Ini Alat yang Dipakai Damkar Potong Cincin di Mr P Pria Sukabumi

Siti Fatimah - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 19:30 WIB
Alat pemotong yang digunakan petugas damkar lepaskan cincin dari penis pria Sukabumi.
Foto: Alat pemotong yang digunakan petugas damkar lepaskan cincin dari penis pria Sukabumi (Siti Fatimah/detikJabar)
Sukabumi -

Sukabumi digegerkan dengan kejadian cincin tersangkut di alat kelamin pria. Akibatnya, seorang pria berinisial DL (55) harus dievakuasi Damkar usai mengeluhkan pembengkakan dan nyeri pada bagian vitalnya itu.

Lantas, alat apa yang digunakan untuk memotong cincin tersebut?

Pelaksana Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Kota Sukabumi Adera Rizky mengatakan, alat yang digunakan untuk memotong cincin itu adalah gerinda mini. Mesin ini juga disebut salah satu perkakas rumah tangga yang berfungsi sebagai pemotong material keras.


Adera memperlihatkan mesin tersebut yang berwarna biru hitam. Selain itu, ada satu alat lagi yang terbuat dari fiber berfungsi sebagai penahan.

"Spesifikasi alatnya, ini jenis gerinda mini, alat pemotong cincin dan ini (alat penahan dari fiber) untuk tahannya. Jadi kalau di jari itu dimasukin alat penahannya biar nggak kena kulit lalu cincinnya dipotong pakai gerinda mini," jelas Adera saat ditemui detikJabar, Selasa (16/8/2022).

Dia menjelaskan, biasanya saat gerinda mini mengenai titanium maka akan mengeluarkan sensasi panas. Oleh sebab itu, selama proses evakuasi berlangsung, ada petugas khusus untuk memegang alat dan menyemprotkan air.

"Yang satu pegang senter, satu ngeluarin air supaya goresannya nggak panas kan ya. Soalnya kalau gerinda mini itu kena titanium panas. Kalau lama kena gesekan jadi panas," ujarnya.

Lebih lanjut, proses penyelamatan pun tetap mengutamakan keselamatan korban dan petugas. Mereka memasang kain di bagian tubuh korban dan hanya dibuka pada titik tempat cincin itu berada.

"Kita halangin pakai kain, takutnya ada cairan yang keluar, jadi area cincinnya aja yg kita buka. Di situ kita safety, pakai sarung tangan, pakai penghalang juga. Nggak sampai setengah jam sekitar 10 menit sudah lepas," tutupnya.

(mso/mso)