Pelayanan di Kantor Disdukcapil Bandung Barat Kembali Normal

Whisnu Pradana - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 17:10 WIB
Pelayanan Disdukcapil di Bandung Barat
Pelayanan di Disdukcapil Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali berjalan normal setelah sempat terganggu.

Sebelumnya pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Disdukcapil KBB terganggu karena 56 Tenaga Kerja Kontrak (TKK) mogok kerja pada Senin (15/8/2022). Padahal saat itu sudah banyak warga yang menunggu untuk mengurus adminduk.

"Semua TKK sudah kerja lagi dan memberikan pelayanan ke masyarakat. Jadi pelayanan sudah normal lagi," ujar Sekretaris Disdukcapil KBB, Nanang Ismantoro, Selasa (16/8/2022).


Nanang mengatakan, dalam sehari ada sekitar 400 pemohon adminduk melalui pelayanan offline dan online. Sekitar 250 pemohon di antaranya datang langsung ke kantor Disdukcapil.

"Jadi keberadaan para TKK di Disdukcapil itu sangat vital, terlihat ketika sehari saja mereka tidak kerja pelayanan ke masyarakat terganggu. Apalagi di kita (Disdukcapil) ini kan merupakan pelayanan dasar ke masyarakat yang setiap hari selalu saja ada warga yang mengurus keperluan Adminduk," ucap Nanang.

Nanang mengatakan pemerintah daerah mengupayakan 56 TKK Disdukcapil KBB menjadi prioritas dalam seleksi pengangkatan PPPK. Salah satu faktornya yakni lama kerja para TKK di bidang pelayanan itu rata-rata sudah mencapai 10 tahun.

"Makanya kami juga minta ke BKPSDM agar menganalisa nama TKK yang bisa diangkat jadi PPPK dan TKK di Disdukcapil ini mestinya jadi prioritas untuk itu," ujar Nanang.

Pihaknya sudah menyerahkan data TKK Disdukcapil ke pemerintah pusat dengan harapan bisa dipertimbangkan menjadi PPPK.

"Kita sudah serahkan datanya. Kemudian sudah menganalisis juga kebutuhan pegawai, di kita ini idealnya dibutuhkan 120 pegawai. Tapi saat ini hanya ada 31 PNS dan orang dan 56 TKK," kata Nanang.

(iqk/iqk)