Musisi Bandung Ciptakan 77 Lagu Perjuangan Sebagai Kado HUT RI

Wisma Putra - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 16:52 WIB
Ramon Ngiler, musisi asal Bandung itu berhasil menciptakan 77 lagu perjuangan sebagai kado HUT ke-77 RI.
Ramon Ngiler, musisi asal Bandung itu berhasil menciptakan 77 lagu perjuangan sebagai kado HUT ke-77 RI. (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Studio mini berukuran 4x4 meter menjadi saksi sejarah Ramon Ngiler, musisi asal Bandung itu berhasil menciptakan 77 lagu perjuangan sebagai kado HUT ke-77 RI.

Dijumpai detikJabar di Studio Ramon Ngiler di Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Senin (15/8/2022) sore, Ramon mengatakan saat ini beberapa lagu masih belum rampung dan dalam proses rekaman. Untuk lirik dia telah merampungkan pada 2 Agustus 2022 kemarin.

"Saya berencana membuat kado spesial di 77 tahun Indonesia dengan membuat 77 lagu perjuangan, selama satu bulan dari mulai Tanggal 17 Juli jam 7 malam sampai 17 Agustus jam 7 pagi," kata Ramon dijumpai di studionya di Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Senin (15/8/2022).


77 lagu yang dibuat bertemakan perjuangan seperti berjudul Jaga NKRI, Generasi Optimis, Maju Indonesia, Satu Indonesia, Ku Cium Bendera, Bijaksana Negara, Garuda Memanggil Mu, Pasti Menang, Saatnya Bangkit, 77 Tahun hingga Kita Indonesia.

"Temanya, sesuai kado spesial HUT RI yakni lagu-lagu perjuangan," katanya.

Ramon mengatakan proses pembuatan lirik, kerangka lagu, pembuatan bagan, aransemen, menyanyi dan rekaman dia lakukan sendiri.

Dia sengaja membuat lagu sendiri karena jika dilakukan dengan melibatkan banyak orang bakal ada kendala yang membuat rencananya bisa tertahan.

"Ini saya kerjakan sendiri, karena kalau dilakukan banyak orang pasti bakal banyak menemukan kendala, ini waktunya harus cepat agar mempermudah pengerjaan," jelasnya.

Ramon mengaku, menciptakan 77 lagu ditambah rekaman tidak semudah yang dipikirkan. Hingga 15 Agustus baru 60 lagu yang sudah selesai direkam, sisanya masih dikebut.

"Kendalanya ternyata di recording terbentur dengan jadwal studio, setting sound dan masalah teknis recording lainnya," katanya.

Ramon berharap lagu-lagu perjuangan yang diciptakan bisa menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

"77 lagu ini menjadi kado spesial, mudah-mudahan menjadi koleksi dan jadi pilihan. Satu kebanggaan bila karya yang dibuat bisa bermanfaat dan digunakan oleh negara," katanya.

(wip/iqk)