Bendera Merah Putih Raksasa Terbentang di Gunung Batu Lembang

Whisnu Pradana - detikJabar
Minggu, 14 Agu 2022 16:23 WIB
Bendera raksasa di Gunung Batu, Lembang.
Bendera raksasa di Lembang, Bandung Barat. (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Bandung Barat -

Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, bendera merah putih raksasa dibentangkan di tebing Gunung Batu Lembang, Kabupaten Bandung Barat, tiga hari sebelum perayaan kemerdekaan, Minggu (14/8/2022).

Pembentangan bendera di dinding Gunung Batu Lembang menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan. Diawali pada tahun 2016, namun sempat dihentikan pada tahun 2019. Kemudian pembentangan dilakukan lagi pada tahun 2020.

Bendera yang dibentangkan berukuran 8x12 meter, di atas ketinggian 1.228 mdpl atau tepat di puncak titik sesar Lembang. Dari puncak itu, bentangan bendera merah putih bisa terlihat dari jarak yang cukup jauh.


Ratusan peserta turut memeriahkan proses pembentangan tersebut yang diawali dengan penghormatan terhadap bendera serta menyanyikan lagu Indonesia Raya di kaki Gunung Batu dipimpin Paskibraka Lembang.

"Alhamdulillah dari persiapan sampai dengan pengibaran bendera tadi berjalan lancar. Untuk persiapannya 3 hari dan proses pembentangan sekitar 45 menit," ujar panitia pengibaran bendera di Gunung Batu Lembang, Yadi Konong.

Bendera raksasa di Gunung Batu, Lembang.Bendera raksasa di Gunung Batu, Lembang. Foto: Whisnu Pradana/detikJabar

Menurut Yadi ukuran bendera tidak bisa dilebarkan lagi lantaran dikhawatirkan robek tersangkut di batu cadas yang menjadi tempat pembentangan bendera. Sehingga lebarnya selalu sama yakni 8x12 meter.

"Kalau untuk ukurannya sudah dipaskan segitu, jadi nggak bisa ditambah. Kalau dilebarkan nanti malah robek karena di sini kan dinding batu cadas. Kegiatan ini akan terus digelar setiap peringatan 17 Agustus," ucap Yadi.

Sementara itu Camat Lembang, Herman Permadi mengatakan pembentangan bendera tersebut diharapkan bisa memotivasi dan memunculkan perasaan bangga pada generasi muda karena menjadi bagian dari NKRI.

"Hal ini sebagai bentuk kebanggan kita sebagai rakyat dalam rangka peringatan HUT RI yang diperingati pada 17 Agustus mendatang. Terbentang di situ selama bulan Agustus ini," kata Herman.

Bendera raksasa di Gunung Batu, Lembang.Bendera raksasa di Gunung Batu, Lembang. Foto: Whisnu Pradana/detikJabar

Pengibaran bendera di puncak Gunung Batu juga merupakan salah satu wujud penghargaan kepada para pejuang yang bersatu memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajah.

"Melalui pengibaran bendera di tempat ini, kita ingin menumbuhkan patriotisme, mewariskan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda yang saat ini mulai digempur informasi, ideologi, maupun berbagai pengaruh dari luar," jelas Herman.

(orb/orb)