Bikin SIM di Cirebon Bisa Bayar Pakai Sampah

Ony Syahroni - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 19:37 WIB
Bikin SIM dan SKCK di Cirebon Bisa Dibayar Menggunakan Sampah
Foto: Ony Syahroni
Cirebon -

Polresta Cirebon meluncurkan program layanan Green Service dalam proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Melalui layanan ini, masyarakat bisa membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk pembuatan SIM dan SKCK hanya dengan menggunakan sampah plastik.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman mengatakan dalam membuka program layanan Green Service ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon dan 10 bank sampah yang ada di wilayah tersebut.


"Masyarakat bisa memanfaatkan bank sampah yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Saat ini ada 10 Bank Sampah. Masyarakat silahkan daftarkan di situ sekaligus menyerahkan sampah plastik di Bank Sampah," kata Arif Budiman di Mapolresta Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (15/8/2022).

"Kalau kemudian hari ini baru dapat 4 Kg atau hari ini baru dapat 1 Kg tidak ada masalah. Teruskan sampai saldonya mencukupi untuk pembayaran PNBP baik untuk SIM maupun SKCK," kata Arif menambahkan.

Ia menjelaskan, jika saldo di bank sampah telah mencukupi untuk pembayaran PNBP, maka petugas dari bank sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup nantinya akan memberitahu petugas di Polresta Cirebon dan menghubungi nasabah untuk memproses pembuatan SIM maupun SKCK.

Menurutnya, layanan Green Service ini diluncurkan sebagai kado dari Polresta Cirebon dan pemerintah daerah Kabupaten Cirebon untuk HUT ke-77 RI. Melalui layanan ini, pihaknya mengajak kepada masyarakat agar bisa lebih peduli untuk menjaga lingkungan dan kelestarian alam, khususnya dari pencemaran sampah plastik.

"Dengan program ini harapannya kita bisa mendorong masyarakat agar lebih memiliki kepedulian sehingga bisa mengurangi produksi sampah plastik yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon," kata Arif.

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron mengatakan pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mendukung terobosan yang dilakukan oleh Polresta Cirebon dalam upaya mengurangi produksi sampah plastik di wilayahnya.

Imron juga menyatakan akan mendorong jajarannya agar menyosialisasikan program layanan yang diluncurkan Polresta Cirebon kepada masyarakat hingga ke tingkat desa.

"Dengan adanya program yang sangat baik ini, kami Pemerintah Kabupaten Cirebon akan mensupport dan akan bekerja sama. Saya ucapkan terimakasih atas adanya program dari Pak Kapolresta Cirebon," kata Imron.

(iqk/iqk)