Mengatasi Perubahan Fisik pada Ibu Saat Hamil dan Pasca Melahirkan

Muhammad Fadhil Raihan - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 08:50 WIB
Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hami (Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin)
Bandung -

Selama masa kehamilan dan setelah melahirkan, seorang ibu kerap menghadapi berbagai tantangan. Selain berdampak pada psikis, masa hamil dan pasca melahirkan juga berpengaruh terhadap fisik seorang ibu.

Seorang ibu hamil biasanya mengalami perubahan fisik, baik saat masa kehamilan maupun setelah melahirkan. Perubahan fisik tersebut dapat berupa melasma atau mask of pregnancy, stretch mark, linea nigra, dan bahkan obesitas.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Helena Eka Putri menyebutkan perubahan fisik tersebut merupakan hal yang wajar bagi ibu hamil. Dokter di RS Edelweiss Bandung tersebut juga menyampaikan bahwa perubahan fisik dapat hilang setelah melahirkan.


"Kalau sudah melahirkan akan ada obat khusus dan tindakan lain supaya memperbaiki perubahan fisik," ucap Helena dalam acara talkshow "Mommy Reborn: Forever Beauty, Forever Young" di Trans Studio Mall Bandung, Sabtu (13/8/2022).

Helena menuturkan perubahan fisik pada ibu hamil disebabkan oleh hormonal, genetik, ataupun pancaran sinar ultraviolet. Ia menyebutkan bahwa seorang ibu hamil dapat melakukan pencegahan dari faktor di luar genetik dan hormonal.

"Bisa dicegah dari awal mulai perawatan kulit dan konsultasi pada dokter. Bisa juga pakai sunscreen dan krim kulit lain yang bersifat cegah pigmentasi," tambah Helena.

Sementara itu untuk pengobatan perubahan fisik ini biasanya dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih 3-6 bulan dengan perawatan rutin.

Acara talkshow Acara talkshow "Mommy Reborn: Forever Beauty, Forever Young" di Trans Studio Mall Bandung Foto: Muhammad Fadhil Raihan

Dalam agenda yang sama, dokter spesialis gizi klinik, Arif Firiandri Yulius menyebutkan ibu hamil juga dapat mengalami obesitas setelah melahirkan. Arif menyampaikan obesitas pada ibu hamil dapat disebabkan oleh pola makan saat masa kehamilan.

"Obesitas pada ibu hamil ini menurunkan berat badannya yang sulit, setelah melahirkan harus secepat mungkin menurunkan sampai tahap ideal biar enggak obesitas," ucap Arif yang juga praktik di RS Edelweiss Bandung.

Arif juga menyampaikan bahwa obesitas pada ibu hamil dapat berpotensi menimbulkan penyakit berbahaya lain, seperti diabetes, stroke, kanker, dan penyakit jantung. Hal tersebut karena lemak bersifat peradangan.

Untuk mencegah obesitas Arif menyampaikan agar ibu hamil lebih menjaga pola makannya saat masa kehamilan. Ia juga menyarankan agar ibu hamil tidak mengonsumsi obat diet atau penurun berat badan yang belum teruji.

Acara talkshow "Mommy Reborn: Forever Beauty, Forever Young" merupakan salah satu rangkaian kegiatan Edelweiss Health Festival yang diadakan oleh RS Edelweiss Bandung. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 10-14 Agustus di Trans Studio Mall Bandung. Selain mengadakan acara talkshow, ada juga kegiatan Health Exhibition, berbagai kompetisi, dan penampilan artis Java Jive.



Simak Video "Pestapora Sediakan Spot Disabilitas-Ibu Hamil di Setiap Area Panggung"
[Gambas:Video 20detik]
(tey/tey)