UIN Bandung Siap Dirikan Fakultas Kedokteran

Wisma Putra - detikJabar
Minggu, 14 Agu 2022 16:00 WIB
Ilustrasi Konsultasi Dokter
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/kokouu)
Bandung -

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung sudah menyiapkan fasilitas untuk Fakultas Kedokteran. Fakultas tersebut nantinya akan dibangun di Kampus 2 UIN SGD Bandung yang berada di Jalan Soekarno-Hatta.

Wakil Rektor III UIN SGD Bandung Ah Fatonih mengatakan, keinginan UIN SGD Bandung mendirikan sebuah fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran didukung banyak pihak.

"Kami bangga dan senang kalau Pak Menteri Agama dan Pak Gubernur siap membantu untuk berdirinya Fakultas Kedokteran di UIN SGD Bandung," kata Fathonih kepada detikJabar, Minggu (24/8/2022).


Fatonih mengungkapkan, untuk fasilitas sudah siap, namun harus didukung fasilitas rumah sakit . Sedangkan fasilitas rumah sakit tersebut belum dimiliki UIN SGD Bandung.

"Insyaallah fasilitas yang kita miliki sudah layak, tinggal persoalan rumah sakit, sebab sepengetahuan saya untuk berdirinya sebuah Fakultas Kedokteran perlu adanya rumah sakit yang dijadikan tempat praktek dokter-dokter," ungkapnya.

Namun, hal itu bukan persoalan. Sebab menurut Fatonih banyak pemerintah daerah yang siap mendukung Fakultas Kedokteran UIN SGD Bandung.

"Rumah sakit belum, tapi itu bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah dan banyak pemerintah daerah yang siap membantu untuk berdirinya Fakultas Kedokteran dalam bentuk rumah sakit," jelasnya.

Selain itu, menurut Fatonih untuk lahan sendiri jika rumah sakit dibangun di kampus 2, lahannya masih luas.

"Lahan sangat luas, kita punya kampus 2 ini 30 hektare yang baru terisi 8 hektare, sangat mungkin dibangun di sini," pungkasnya.

(wip/orb)