Terungkap! Ada Orang RI yang Namanya Harum di Luar Negeri

ilham fikriansyah - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 06:15 WIB
Indra Rudiansyah
Foto: Dok. YouTube Deutsche Bank

Mungkin masih banyak detikers yang tak sadar kalau ternyata ada beberapa orang asal Indonesia yang namanya harum di luar negeri. Mereka memiliki segudang prestasi sehingga namanya terkenal di sejumlah negara.

Tak hanya fokus di pendidikan saja, ada juga individu yang berkecimpung di bidang olahraga, desain, seni, hingga komik.

Maka dari itu, sebagai masyarakat yang cinta Tanah Air, sebaiknya kita patut mengacungi jempol. Berkat jasa-jasa mereka, tidak hanya membantu orang lain namun juga membawa harum nama Indonesia di kancah dunia.


Lantas, siapa saja sih mereka? Biar nggak penasaran, berikut ini 10 orang asal Indonesia yang namanya harum di luar negeri.

Indra RudiansyahIndra Rudiansyah. Foto: Dok. YouTube Deutsche Bank

1. Indra Rudiansyah

Daftar pertama diisi oleh Indra Rudiansyah yang berhasil membawa nama harum Indonesia. Sebab, Indra telah terlibat dalam tim peneliti untuk vaksin COVID-19 AstraZeneca.

Berkat prestasinya tersebut bahkan Menteri BUMN Erick Thohir sampai harus memastikan Indra kembali ke Indonesia usai menyelesaikan studinya pada Oktober 2022 mendatang. Erick ingin agar Indra tetap bergabung di PT Bio Farma (Persero).

Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo, kakak-adik peraih 33 medali kompetisi sains dan matematika internasional.Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo, kakak-adik peraih 33 medali kompetisi sains dan matematika internasional. Foto: instagram.com/nadiemmakarim

2. Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo

Daftar berikutnya adalah kakak beradik yakni Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo. Bayangkan saja, prestasi mereka benar-benar harus diapresiasi sebab berhasil menenteng 85 medali dari International Math & Science Olympiads!

Tak hanya itu, yang makin bikin mengejutkan adalah sebanyak 45 medali di antaranya berhasil mereka raih dalam kurun waktu enam bulan saja, yakni antara Januari hingga Juli 2022. Sungguh mengagumkan bukan?

Sedikit informasi, Mischka dan Devon telah mengikuti berbagai kompetisi matematika bergengsi di antaranya Australia Big Science Competition, Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO), The Pangea Germany, Asia International Mathematical Olympiad, dan Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO).

3. Joey Alexander Sila

Orang asal Indonesia selanjutnya yang namanya harum di luar negeri adalah Joey Alexander. Pianis berusia 19 tahun ini pernah menyabet tiga nominasi Grammy Awards lho.

Nominasi yang ia peroleh adalah kategori Jazz Instrumental Album dan Improvised Jazz Solo untuk album Giant Steps pada Grammy Awards 2016, serta Improvised Jazz Solo untuk album Countdown dalam Grammy Awards 2017. Bahkan, Joey juga berkesempatan untuk tampil di ajang Grammy Awards.

Ganda putri unggulan kedelapan asal Indonesia Greysia Polii (kiri) dan Apriani Rahayu (kanan) meluapkan kegembiraannya saat berhadapan dengan pasangan asal Korea Selatan Lee So Hee dan Shin Seung Chan dalam babak semifinal Indonesia Masters 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/1). Greysia/Apriani berhasil memastikan tiket ke final setelah menang tiga gim 21-11, 17-21 dan 21-17. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pd/18Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

4. Greysia Polii dan Apriani Rahayu

Siapa yang tak tahu atlet bulu tangkis Greysia Polii dan Apriani Rahayu? Ganda putri asal Indonesia ini berhasil menorehkan prestasi di ajang internasional lho, yang terbaru adalah meraih medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020 silam. Keduanya juga mengukir sejarah sebagai ganda putri Indonesia pertama yang sukses merebut emas di ajang Olimpiade.

Setelah membawa harum nama Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii akhirnya memutuskan untuk gantung raket. Sementara rekannya Apriyani Rahayu, tetap melanjutkan kariernya sebagai atlet bulu tangkis.

Ario Anindito, komikus Marvel asal BandungArio Anindito, komikus Marvel asal Bandung Foto: Instagram @arioanin

5. Ario Anindito

Ternyata, ada orang asli Indonesia yang bekerja di Marvel Comic lho! Namanya adalah Ario Anindito. Komikus asal Bandung ini ditunjuk oleh Marvel untuk menggarap proyek komik Marvel yakni "Star Wars: The High Republic."

Arsitek lulusan Universitas Parahyangan ini sebelumnya juga pernah mengerjakan proyek "Star Wars Annual" yang dibuat pada tahun 2015 silam. Hebat kan detikers?

HOLLYWOOD, CA - NOVEMBER 14:  Director Pierre Coffin attends the 2013 Variety Screening Series Presents Universal Pictures' 'Despicable Me 2' at ArcLight Hollywood on November 14, 2013 in Hollywood, California.  (Photo by Imeh Akpanudosen/Getty Images)Foto: Imeh Akpanudosen/Getty Images

6. Pierre Coffin

Bagi detikers yang gemar menonton film animasi Minions, tahukah kamu kalau ada sosok orang Indonesia yang bekerja dibalik layar? Yap, ia adalah Pierre Coffin. Pria yang lahir di Prancis ini memiliki keturunan darah Indonesia dari ibunya, yaitu Nh Dini yang merupakan seorang sastrawan.

Mengenai prestasi, Pierre sempat menjadi nominasi Oscar pada Academy Awards 2014 kategori Best Animated Feature Film of the Year. Nominasi ini berbagi dengan Chris Renaud dan Christopher Meledandri lewat film Despicable Me 2 yang tayang pada 2013.

Soal karyanya, Pierre Coffin menjadi sutradara pada semua seri Despicable Me dan pengisi suara pada Minions. Sedikit informasi, untuk Despicable Me franchise meliputi Despicable Me (2010), Despicable Me 2 (2013), dan Despicable M3 (2017).

Desainer Volkswagen asal Indonesia, Chris Lesmana.Desainer Volkswagen asal Indonesia, Chris Lesmana. Foto: Rangga Rahardiansyah

7. Chris Lesmana

Daftar orang asal Indonesia berikutnya yang mengharumkan nama bangsa adalah Chris Lesmana. Bagi kamu yang belum tahu, Chris bekerja sebagai desainer untuk pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen atau yang disingkat VW.

Salah satu mobil VW yang didesain oleh Chris Lesmana adalah VW Beetle atau sering disebut VW kodok. Mobil legendaris ini sayangnya sudah tidak diproduksi lagi oleh VW, namun hasil karya Chris akan selalu dikenang oleh para pecinta VW Beetle di seluruh dunia.

8. Novalia Pishesha

Nama yang satu ini berhasil mengharumkan Indonesia di kancah dunia, sebab ia berhasil menemukan kandidat baru vaksin COVID-19 yang kompatibel dengan teknologi di Tanah Air. Novalia yang merupakan peneliti junior di Universitas Harvard, menemukan kandidat vaksin yang disebut lebih mudah dan murah untuk diproduksi.

Selain itu, kandidat vaksin COVID-19 ini juga lebih mudah untuk didistribusikan ke berbagai negara. Soalnya, vaksin tidak memerlukan lemari ekstra dingin sebagai tempat penyimpanannya.

Griselda SastrawinataGriselda Sastrawinata. Foto: Delia/ detikHOT

9. Griselda Sastrawinata

Daftar orang Indonesia berikutnya yang mengharumkan nama bangsa adalah Griselda Sastrawinata. Namanya mulai mencuat setelah ia menjadi animator untuk film Moana yang dirilis tahun 2016 silam.

Griselda menghabiskan masa hidupnya selama 15 tahun di Indonesia, sebelum akhirnya memutuskan pergi ke Amerika Serikat. Griselda lalu bergabung dengan Walt Disney Animation Studios dan langsung diminta untuk menggarap film Moana sebagai proyek pertamanya.

10. Christiawan Lie

Nama terakhir diisi oleh Christiawan Lie yang merupakan seorang ilustrator dan komikus. Pria kelahiran Solo ini berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan mengambil jurusan arsitektur, kemudian ia berhasil meraih lulusan terbaik dalam gelar master di Savannah College of Art and Design (SCAD).

Sejumlah karakter mainan karya Christiawan Lie yang terkenal yaitu GI Joe, Transformers, dan Iron Man 3.

Nah itu dia detikers 10 orang asal Indonesia yang namanya harum di luar negeri. Semoga dalam beberapa waktu mendatang, semakin banyak orang asal Indonesia yang berhasil membawa nama harum bangsa di kancah dunia.



Simak Video "Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)