Aspirasi ke Menag, Ridwan Kamil Minta Ada FK di UIN SGD Bandung

Wisma Putra - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 10:31 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam pembukaan PESONA I PTKN 2022 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung
Menteri Agama Yaqut Cholil bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam pembukaan PESONA I PTKN 2022 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung (Foto: istimewa)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar Menteri Agama Yaqut Cholil membuat Fakultas Kedokteran di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung.

Hal itu disampaikan Kang Emil --sapaan karib Ridwan Kamil-- dalam pembukaan PESONA I PTKN 2022 di UIN SGD Bandung, Selasa (9/8) malam.

"Satu aspirasi, kami butuh Fakultas Kedokteran, saya motivasi, saya challenge atas nama 50 juta warga Jawa Barat yang selama pandemi kesusahan mendapatkan fasilitas yang terbatas mohon universitas ini bisa menghasilkan fakultas baru, Fakultas Kedokteran," kata Emil.


Emil tahu, jika izin tersebut ada di Kemendikbud, namun orang nomor satu di Jawa Barat ini meminta bantuan kepada Menag Yakut untuk turut mendorong terealisasinya permintaan tersebut.

"Saya tahu ini isinya ada di Kementerian Pendidikan Kebudayaan, tapi bisa lah ya, kita dorong karena ini betul-betul aspirasi," ujar Emil.

"Kami butuh 30 rumah sakit, butuh 5 ribu puskesamas, kalau mau menghadapi pandemi berikutnya di masa depan, tapi kalau perawat dan dokternya sedikit tentu itu kesusahan," tambahnya.

Kang Emil juga memuji fakultas-fakultas yang ada di UIN SGD Bandung, salah satunya Fakultas Sains dan Teknologi di luar keilmuan Islam.

"Kami dukung, seperti kami dukung minggu ini IPB kami dorong punya Fakultas Kedokteran," tuturnya.

Menurut Emil, pentingnya pemimpin memahami masa depan dan permasalahan rakyat dengan SDM.

"Kita harap di masa depan, hari ini kita ranking 16, dari 200 murid misalnya kami ranking 16, sepuluh tahun lagi ranking 10 insyaallah dan 2045 Indonesia emas kita ranking 4 menjadi Negeri adi daya di dunia, jangan sampai anak mudanya jadi beban negara, anak mudanya harus jadi mesin negara inovatif dan produktif," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil menanggapi positif aspirasi Ridwan Kamil.

"Pesan dari Kang Emil, aspirasi dari pak gubernur bahwa kita membutuhkan Fakultas Kedokteran di UIN SGD Bandung ini, insyaallah saya akan perjuangan, mudah-mudahan tahun depan berbarengan dengan pembangunan MAN IC kita sudah mulai bisa bicara desain Fakultas Kedokteran di UIN SGD Bandung ini," pungkasnya.

(wip/yum)