Kabar Nasional

Perpanjang STNK Tanpa KTP, Bisa?

Tim detikOto - detikJabar
Minggu, 14 Agu 2022 02:01 WIB
Perpanjang Pajak Kendaraan di mall samsat keliling. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: Ilustrasi (Dikhy Sasra/detikcom).
Jakarta -

Perpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) salah satunya syaratnya adalah KTP. Nah, bagaimana dengan masyarakat yang membeli kendaraan bekas?

Tenang, jangan khawatir. Dikutip dari detikOto, bagi yang membeli kendaraan bekas, kamu hanya membutuhkan KTP pemilik asli kendaraan. Tapi, masalah kerap datang karena pemilik kendaraan sulit untuk dihubungi setelah jual-beli.

Solusinya adalah balik nama kendaraan. Apa saja syarat untuk balik nama. Berikut syaratnya:


1. BPKB asli
2. STNK asli
3. KTP pemilik yang baru, dan
4. Kwitansi pembelian kendaraan

Catatan lagi, kwitansi jual beli disarankan untuk menyebutkan nomor rangka dan mesin, warna kendaraan, serta pelat nomor. Setelah semuanya siap, yuk lanjut ke langkah berikutnya.

1. Datang ke Samsat terdekat sesuai dengan domisili KTP. Ini dilakukan untuk mempermudah proses balik nama.

2. Jangan lupa untuk membawa kendaraan yang baru dibeli. Di kantor Samsat, petugas akan melakukan cek fisik kendaraan seperti memeriksa nomor rangka, nomor mesin, dan beberapa hal lain yang dibutuhkan untuk pengesahan STNK baru.

3. Jangan lupa untuk meminta bukti cek fisik yang telah disahkan oleh Samsat. Bukti cek fisik ini nanti akan digunakan untuk proses balik nama. Bila semua dokumen sudah terkumpul, kamu bisa menyerahkannya ke loket pendaftaran balik nama.

4. Biaya untuk pembayaran STNK baru. Nanti, setelah membayar pajak, pindah ke loket pencetakan TNKB, biasanya kamu diminta menyerahkan satu lembar STNK dulu sebagai bukti kepemilikan.

(mso/mso)