Kota Cirebon

Kala Tim Damkar 'Selamatkan' Pakaian Warga yang Terbang ke Genting

Ony Syahroni - detikJabar
Sabtu, 13 Agu 2022 16:47 WIB
Petugas Damkar Kota Cirebon mengevakuasi pakaian warga yang tersangkut di atas atap/ (Foto: Dok. Damkar Kota Cirebon)
Foto: Petugas Damkar Kota Cirebon mengevakuasi pakaian warga yang tersangkut di atas atap/ (Foto: Dok. Damkar Kota Cirebon)
Cirebon -

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) merupakan salah satu dinas yang banyak terlibat dalam sejumlah aksi penyelamatan. Mulai dari aksi pemadaman api saat terjadi kebakaran, mengevakuasi hewan peliharaan yang tercebur sumur hingga mengevakuasi hewan liar yang berbahaya.

Namun, bagaimana jadinya ketika Dinas Pemadam Kebakaran justru ikut terlibat dalam aksi evakuasi jemuran atau pakaian warga yang tersangkut di atas atap rumah?

Ya, di Kota Cirebon, Jawa Barat, Dinas Pemadam Kebakaran harus menerjunkan beberapa personelnya untuk membantu warga mengambil satu potong pakaian yang tersangkut di atas atap karena terbawa angin.


Kasi Kesiapsiagaan Damkar Kota Cirebon, Nurjaman mengatakan, peristiwa tak biasa ini terjadi pada beberapa waktu lalu, tepatnya pada Kamis (11/8/2022) sekitar pukul 15.00 WIB.

Menurutnya, hal ini bermula saat petugas Damkar mendapat laporan melalui sambungan telepon dari salah seorang warga yang tinggal di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

"Warga nelepon ke Mako (Dinas Pemadam Kebakaran) melaporkan adanya baju yang tersangkut di genteng lantai dua karena terbawa angin kencang," kata Nurjaman kepada detikJabar, Sabtu (13/8/2022).

Atas adanya laporan tersebut, Damkar Kota Cirebon kemudian dengan sigap menerjunkan beberapa orang personelnya menuju ke lokasi kejadian.

Bermodalkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, petugas Damkar akhirnya berhasil mengambil pakaian warga yang tersangkut di atas atap hanya dalam waktu kurang lebih sepuluh menit.

"Anggota merapat ke lokasi dan baju berhasil dievakuasi selama kurang lebih 10 menit," kata Nurjaman.

Nurjaman mengakui jika kejadian tersebut merupakan hal tidak biasa yang dilakukan oleh petugas Damkar. Meski begitu, proses evakuasi tetap dilakukan hingga akhirnya pakaian warga yang tersangkut di atas atap berhasil diambil.

"Takutnya evakuasi CD (Celana dalam) aja," kata Nurjaman berseloroh.

(yum/yum)