Kabar Nasional

Respons Jokowi Usai Ferdy Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Tim detikNews - detikJabar
Jumat, 12 Agu 2022 23:30 WIB
Warga menunjukan kaos bertuliskan Jokowi yang dibagikan oleh Presiden Joko Widodo usai menghadiri Upacara Penuntupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Presiden Joko Widodo (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Bandung -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal ditetapkannya Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka dalam kasus polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Dikutip dari detikNews, Jokowi meminta agar awak media yang menanyakan soal tersebut untuk bertanya langsung kepada Kapolri.

"Ya tanyakan ke Kapolri, saya udah keseringan menyampaikan itu. Tanyakan ke Kapolri. Kan sudah jelas semuanya," kata Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2022).


Ketika ditanya tentang desakan pengungkapan motif, Jokowi meminta hal tersebut juga ditanyakan kepada Kapolri.

"Ya tanyakan ke Kapolri," ujar Jokowi.

4 Tersangka Kasus Tewasnya Brigadir J

Dalam kasus ini, polisi menetapkan empat orang tersangka. Selain Irjen Ferdy Sambo, tiga tersangka lainnya yakni Bharada Richard Eliezer, Brigadir Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Dalam kasus ini, Bharada E disuruh Ferdy Sambo menembak Brigadir J. Selain menyuruh, Irjen Ferdy Sambo diduga merekayasa kronologi kasus pembunuhan itu menjadi baku tembak.

Sementara itu, Bripka RR dan KM berperan ikut membantu dan menyaksikan penembakan Bharada E terhadap korban. Mereka dijerat pasal pembunuhan berencana subsider pasal pembunuhan.

Ferdy Sambo telah ditahan di Mako Brimob. Pada Kamis kemarin (11/8), dia diperiksa pertama kali setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J. Saat diambil berita acara pemeriksaan (BAP), Sambo mengaku merencanakan pembunuhan karena Brigadir J melakukan hal yang mencoreng martabat keluarga.

(yum/yum)