Temuan Fosil dan Potensi Wisata Desa Jembarwangi Sumedang

Nur Azis - detikJabar
Jumat, 12 Agu 2022 19:00 WIB
Penemuan fosil di Sumedang.
Tempat penemuan fosil di Desa Jembarwangi, Sumedang. (Foto: Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang yang kaya akan temuan fosil memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Di antaranya, wisata khusus akademis dan wisata umum atau geotrek.

Hal itu diungkapkan penyelidik Bumi dari Museum Geologi Bandung, Unggul Prasetyo Wibowo saat dihubungi detikjabar, Jumat (12/8/2022).

"Di sana itu ada dua potensi wisata. Pertama potensi wisata secara khusus atau akademis dan satu lagi wisata umum atau wisata geotrek," terang Unggul.


Sekadar diketahui, dikutip dari GEOTREK Perjalanan Menafsir Bumi (T. Bachtiar, 45-46, 2015), Geotrek pada dasarnya adalah perjalanan untuk menyapa berbagai gejala kebumian, menyapa makhluk hidup, menyapa manusia dengan budayanya.

Geotrek merupakan wisata dengan kesadaran penuh bahwa bumi dengan segala isinya adalah bagian yang tak terpisahkan dari dirinya.

Menurut Unggul, kawasan Desa Jembarwangi memiliki batuan cukup lengkap untuk pembelajaran ilmu geologi. Di sana terdapat tiga jenis batuan, yakni batuan metamorf, batuan beku, dan batuan sedimen yang dapat menjelaskan awal mula terbentuknya pulau Jawa.

"Menariknya di Jembarwangi ini kita bisa menemukan lapisan-lapisan batuan yang bisa dikatakan terbentuk dari mulai laut dangkal sampai berubah menjadi rawa-rawa, endapan sungai dan terakhir daratan, dan itu semuanya bisa disimpulkan telah merekam proses terbentuknya pulau Jawa di Jawa Barat bagian utara," paparnya.

"Kalau di daerah lain tidak selengkap di Jembarwangi," Unggul menambahkan.

Ia menyebut kondisi lingkungan seperti ini biasanya dibutuhkan kampus-kampus atau universitas yang memiliki konsen bidang geologi.

"Kampus-kampus yang ada jurusan geologi biasanya nyarinya tempat seperti ini dan lokasi seperti ini cukup jarang," ujarnya.

Selain dari tinjauan akademis, sambung Unggul, kawasan Desa Jembarwangi memiliki bentang alam yang cukup menarik untuk dijelajahi.

"Di sana itu ada punggungan yang panjang, ada lembah, ada sungai purba yang cukup menarik dan di sana ada juga perkampungan yang terisolir oleh pegunungan yang cukup masif. Secara umum bentang alamnya yang cukup menarik," ujarnya.

Keunikan lain Desa Jembarwangi. Simak di halaman selanjutnya.