Fosil Diduga Tulang Rusuk Stegodon Ditemukan di Sumedang

Nur Azis - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 14:21 WIB
Fosil diduga tulang rusuk Stegodon.
Fosil diduga tulang rusuk Stegodon. (Foto: Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Fosil hewan purba kembali ditemukan warga di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang. Fosil tersebut diduga bagian dari tulang rusuk Stegodon (gajah purba).

Kepala Desa Jembarwangi, Fitriani Dewi mengatakan, fosil tersebut ditemukan warga saat hendak membuka akses jalan menuju kebun pada Juli lalu.

"Warga yang menemukan fosil saat itu hendak membuka akses jalan menuju kebun," ungkap Fitriani kepada detikjabar, Kamis (11/8/2022).


Fitriani memaparkan, lokasi temuan fosil kali ini berbeda dengan temuan-temuan fosil sebelumnya atau ditemukan di Blok Cirendang.

"Fosil ini jauh dari blok yang lain atau di area baru. Lokasinya cukup jauh dengan lokasi temuan fosil kura-kura yang belum lama ini ditemukan," ucapnya.

Ftriani menyebut, patahan-patahan fosil yang ditemukan diduga merupakan bagian dari tulang rusuk stegodon. Jika dirangkai, fosil tersebut panjangnya lebih dari 30 centimeter.

"Menurut para peneliti yang belum lama ini berkunjung ke Desa Jembarwangi, patahan-patahan fosil ini diduga bagian dari tulang rusuk stegodon," terangnya.

Satgas Kepurbakalaan Desa Jembarwangi, Oma (56) menambahkan, warga saat itu melaporkan temuan tersebut ke perangkat Desa Jembarwangi untuk langsung ditindaklanjuti Satgas. Fosil itu pun akhirnya diamankan pihak Satgas.

Temuan fosil ini bukanlah yang pertama kalinya. Fosil-fosil hewan purba sering ditemukan oleh warga Desa Jembarwangi.

Seperti temuan belum lama ini berupa fosil utuh kura-kura purba dan buaya purba di Kawasan Lembah Cisaar, Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo.

Saat itu, tim peneliti gabungan langsung diterjunkan untuk melakukan ekskavasi. Mereka di antaranya terdiri dari peneliti Bidang Kebudayaan Sumedang, peneliti dari Balai Arkeologi BRIN Bandung, peneliti dari Badan Geologi dan Paleontologi Kementerian ESDM beserta dibantu warga.

(orb/orb)