Hujan Es Guyur Bandung!

Bima Bagaskara - detikJabar
Jumat, 12 Agu 2022 16:01 WIB
BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini 23 April 2022 Jabodetabek, Cek Dulu!
Ilustrasi Hujan (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Bandung -

Hujan es mengguyur sejumlah wilayah di Kota Bandung. Hujan es terjadi pada Jumat (12/8/2022) sekitar pukul 13.10 WIB.

Saat dikonfirmasi Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu membenarkan turunnya hujan es. "Pada tanggal 12 Agustus 2022 kurang lebih pukul 13:10 WIB, terjadi hujan es di wilayah timur pusat Kota Bandung," kata Rahayu dalam keterangannya kepada detikJabar.

Rahayu menjelaskan fenomena hujan es tersebut disebabkan karena tumbuhnya awan Cb (Cumulonimbus) lokal di Kota Bandung. Awan Cb itu kemudian membuat kondisi atmosfer lokal menjadi tidak stabil.


"Karena kondisi atmosfer lokal yang tidak stabil dan tingkat kelembapan yang tinggi sehingga mendukung terjadinya pertumbuhan awan Cb yang mencapai troposfer," ucap Rahayu.

"Awan Cb dengan tinggi awan melebihi titik beku, akan turun menjadi butiran es yang cukup besar dan disertai petir dan angin," katanya.

Rahayu mengimbau warga Kota Bandung untuk tetap waspada akan terjadinya hujan es susulan. Sebab masih ada peluang sistem awan Cb yang tumbuh hingga 6 jam ke depan.

"Masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terkait dengan potensi terjadinya hujan disertai angin kencang di sekitar Bandung Raya sebelah timur dan selatan serta potensi terjadinya banjir genangan," tutup Rahayu.

(bba/iqk)